Sebelum Ambruk, Perbaikan Terakhir Jembatan Babat pada 2017

Jembatan nasional patah dan ambruk di aliran Sungai Bengawan Solo, Tuban
Sumber :
  • Twitter.com/@wijaya40397567

VIVA – Jembatan Nasional yang menghubungkan Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Tuban, Jawa Timur, yaitu Jembatan Babat ambruk dan patah. Pada peristiwa itu, tercatat tiga truk pengangkut pasir terperosok dan satu sepeda motor tercebur ke dalam sungai Bangawan Solo.

Banjir Besar di Kerinci, Jembatan Temiai Amblas hingga Makan Korban Jiwa

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V Surabaya, I Ketut Dharma Wahana mengatakan, Jembatan Babat yang roboh pada siang ini sebenarnya sudah dilakukan perbaikan terakhir pada 2017 lalu. Perbaikan meliputi segmen II dari enam segmen yang ada di jembatan tersebut.

Namun, dalam peristiwa yang terjadi saat ini kondisi jembatan yang ambruk justru ada di segmen atau bentang ketiga yang sebelumnya justru tidak mengalami kerusakan parah, saat melakukan perbaikan pada 2017 lalu. Sehingga, sebenarnya jembatan Babat tersebut sangat layak digunakan.

Jembatan Gantung Ambruk saat Lomba 17-an, Puluhan Warga Berjatuhan ke Sungai

"Yang jebol ini adalah bentang ketiga, yang sempat kita perbaiki itu segmen II yang saat itu tidak alami kerusakan. Perawatan terakhir jembatan tersebut itu pada 2017," ujar Ketut dikutip dari tvOne, Selasa 17 April 2018.

Ia mengungkapkan, Jembatan Babat memiliki panjang bentang yaitu 227 meter, dengan memiliki enam segmen yang dibuat sejak 1980-an. Untuk bentang yang mengalami patah atau roboh saat ini memiliki panjang, yaitu 55 meter. 

35 Turis Nyemplung ke Laut Akibat Jembatan Nusa Penida Ambruk, Begini Kronologinya

"Jembatan yang patah ini adalah jembatan yang digunakan untuk jalur dari Surabaya menuju ke Tuban dan merupakan jembatan lama," tambahnya.

Jembatan Baltimore Amerika Serikat  Ambruk

Ditabrak Kapal Kargo, Jembatan Baltimore Amerika Serikat  Ambruk

Sebuah insiden tragis terjadi di kota Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, saat sebuah jembatan utama runtuh pada dini hari Selasa, 26 Maret 2024 setelah ditabrak kapal.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024