Aneh, Disebut Taman Hutan Raya Tapi Tak Ada Hutannya

Ilustrasi taman hutan
Sumber :
  • VIVA/Endah Lismartini

VIVA – Taman hutan raya Poboya yang berada di Palu dianggap tak lagi cocok menyandang status taman hutan. Hal itu karena lokasi tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Melihat hal tersebut, DPR berencana memindahkan lokasi taman hutan raya (tahura) tersebut ke lokasi lain.

Kasus Orang Hilang Secara Misterius di Taman Nasional

Ketua Komisi VII DPR RI yang  membidangi Energi dan Sumber Daya Mineral Gus Irawan Pasaribu mengatakan, Poboya sudah sangat tidak memungkinkan menjadi tahura. "Disebut sebagai taman hutan raya karena ternyata hutannya sudah tidak ada. Disebut Tahura tapi tidak ada hutan,"  ujar Irawan, Kamis, 26 April 2018.

Dia menjelaskan, DPR akan juga membahasnnya dengan  Gubernur Sulteng, Longki Djanggola. "Nanti kita lihat apakah akan ada penciutan luasan lahan atau sekalian direlokasi karena sudah tidak layak lagi disebut Tahura," ujarnya menambahkan.

Begini Serunya kalau Ada Taman Bermain di Hutan

Sebagian lahan Tahura, memang  masuk dalam kawasan izin usaha penambangan (IUP) emas. Sehingga penciutan menjadi hal yang wajar.  Kepindahan Tahura juga bisa mengoptimalkan upaya penambangan.

Irawan menjelaskan, untuk pemanfaatan dan mengolah potensi emas di lokasi penambangan Poboya, Kota Palu, diharapkan dengan cara-cara yang ramah lingkungan. "Di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan itu ada tekhnologi ramah lingkungan yang dapat dimanfaafkan penambang," kata Irawan.

Taman Nasional Baluran, Berlibur di Afrika-nya Indonesia

Gubernur Sulteng Longki Djanggola setuju dengan Komisi VII DPR bahwa kegiatan penambangan harus ramah lingkungan.  Longki menjelaskan, saat ini kegiatan penambangan di lokasi Poboya tidak menggunakan zat kimia merkuri.

Menurut dia, pemerintah daerah telah melakukan sosialisasi larangan penggunaan merkuri dalam penambangan emas di Poboya. "Alhamdulillah, sampai saat ini kalau boleh saya katakan bahwa tidak ada lagi penggunaan merkuri. Kalau sianida mungkin ada untuk perendaman," ujarnya. (mus)

Taman nasional yang penuh misteri.

Taman Nasional Gorbea yang Penuh dengan Hal-hal Mistik

Keberadaan taman ini sangat dilindungi.

img_title
VIVA.co.id
28 Juni 2018