Logo BBC

Menyorot Perilaku Turis Serampangan di Indonesia

Seorang pria mencari uang untuk membiayai perjalanan dengan cara mengemis di jalanan St Petersburg, Rusia. - BBC Indonesia/Famega Syavira
Seorang pria mencari uang untuk membiayai perjalanan dengan cara mengemis di jalanan St Petersburg, Rusia. - BBC Indonesia/Famega Syavira
Sumber :
  • bbc

Di balik industri pariwisata yang mendatangkan devisa, tersimpan banyak masalah sosial. Benarkah turis miskin hanya membawa masalah?

Seorang turis memanjat ke atas dan duduk di Palinggih Padmasana, simbol suci yang melambangkan Sang Hyang Widhi, di Pura Gelap Besakih, Bali.

Tidak diketahui kapan turis yang diduga berasal dari Spanyol itu melakukannya, namun videonya tersebar pertengahan April lalu dan memicu kecaman dari banyak orang, terutama umat Hindu.

Tindakan itu dianggap mengotori kesucian pura, sehingga upacara bendu piduka harus digelar untuk menyucikannya kembali.

Saat meletusnya Gunung Agung bulan Januari lalu, dua turis dari Australia dan satu turis Rusia ditangkap karena diam-diam mendaki gunung meski telah diperingatkan bahwa kawasan tersebut ditutup untuk pendakian karena berbahaya.

Bali adalah pintu masuk utama para turis mancanegara, maka tak heran jika kasus-kasus ini banyak terjadi di Bali. Dari 14 juta turis luar negeri yang datang ke Indonesia pada 2017, 40% masuk melalui Bandara Ngurah Rai.

Di Bali, kita bisa melihat banyak turis kerap mengenakan bikini maupun bertelanjang dada saat mengendarai sepeda motor. Tribun Bali menulis, pada 2017 polisi sempat mengadakan operasi lalu lintas yang salah satu tujuannya adalah untuk menegur mereka yang bermotor dengan telanjang dada atau berbikini.