Dana Desa Mandek, Jokowi Salahkan Ruwetnya Prosedur

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat.

VIVA - Presiden Joko Widodo menyalahkan rumitnya prosedur yang harus ditempuh sebagai penyebab pencairan dana desa banyak mengalami kemandekan.

UU Desa Disahkan, Para Kades Rayakan dengan Joget Dangdut di Depan Gedung DPR RI

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, dana yang merupakan program unggulan pemerintahan Jokowi-JK itu tercatat baru dicairkan Rp134,65 miliar atau hanya 2,9 persen dari total yang tersimpan di Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) sebesar Rp5,2 triliun pada bulan lalu.

"Prosedur kita ini masih ruwet," ujar Jokowi usai membuka Musrenbang Nasional di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin, 30 April 2018.

Cak Imin Mau Naikin Dana Desa Rp5 Miliar: Masyarakat Tak Lagi Tertarik jadi Urbanisasi

Menurut Jokowi, pemerintah saat ini masih berusaha terus memperingkas prosedur-prosedur birokrasi di semua tingkat pemerintahan. Mantan Gubernur DKI ini mengaku betul-betul memiliki keinginan supaya dana desa bisa benar-benar memiliki fungsi mendorong perekonomian di tingkat desa.

"Kita sederhanakan agar semuanya cepat, bisa langsung dilaksanakan, direalisasikan dalam kegiatan-kegiatan yang ada di desa," ujar Jokowi. (ren)

Gibran Janji Bakal Naikkan Anggaran Dana Desa
Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian

Mendagri Tito: Perangkat dan Kepala Desa Tidak Dapat THR

Mendagri) Tito Karnavian menyebut perangkat dan kepala desa tidak akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) karena bukan ASN

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024