Cak Imin Bicara Reward dan Punishment Penggunaan Anggaran Dana Desa

Bakal Cawapres Koalisi Perubahan Abdul Muhaimin Iskandar.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Calon wakil presiden (cawapres) nomer urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyoroti terkait dengan adanya dana untuk desa-desa. Dia menjelaskan bahwa dana untuk desa nantinya akan diberikan sesuai dengan penggunaan. Hal itu dikatakan Cak Imin ketika dirinya terpilih menjadi wapres tahun 2024.

Badan Saksi Nasional Golkar Optimis Menang 70 Persen di Pilkada 2024

"Bisa jadi (dana desa) per desa tidak sama bergantung tanggung jawab, bebas korupsi, penggunaan yang baik,” ujar Cak Imin kepada wartawan, Kamis 7 Desember 2023.

Capares nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Photo :
  • Dani Randi/Aceh.
Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Cak Imin menjelaskan bahwa dana desa tersebut diberikan sebagai bentuk reward and punishment agar aparat desa serius dalam memanfaatkan dana desa.

“Kalo dana desa enggak bener cara gunakannya diperkecil. Tapi kalo dana desa yang pengunaannya bagus diperbesar,” kata dia.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Dia pun berjanji akan memperbesar dana desa jika dirinya terpilih di pilpres 2024. Kendati demikian, dia belum menjelaskan berapa banyak dana yang akan diberikan  untuk desa, sebab dia masih merincikan hitungan dananya.

“Tentu dana desa diperbesar,” ucap dia.

Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin saat memberikan keterangan pers di sela-sela blusukannya di Glodok, Jakarta Barat, Jakarta, Kamis, 26 November 2023.

Photo :
  • ANTARA/Hendri Sukma Indrawan

“Nanti kita hitung lagi. Awalnya kita ingin 5 Milyar per desa. Nanti, faktanya, kita pasti dengan hitungan-hitungan yang bisa lebih besar dari itu,” imbuhnya.

Diketahui, Cak Imin maju di pilpres 2024 bersama dengan Anies Baswedan. Keduanya maju dengan diusung oleh Koalisi Perubahan yakni Partai Nasdem, PKB dan PKS. Pasangan yang akrab disebut Amin itu menyandang nomer urut satu di pilpres 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya