Kaesang Sakit Hati Ibunya Iriana Dibilang Cawe-cawe Jadikan Gibran Cawapres: Mana Buktinya Sini

Kaesang Pangarep, Konser Pilpres Santuy Ojo Rungkad PSI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, mengaku sakit hati saat ibunya, Iriana Joko Widodo, disebut punya andil atau cawe-cawe terhadap diusungnya Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres mendampingi capres Prabowo Subianto.

Survei LSI: Banyak Masyarakat Pilih Prabowo-Gibran karena Komitmen Lanjutkan Kepemimpinan Jokowi

Kaesang yang juga Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia atau PSI, itu membantah hal tersebut, ia meminta bukti valid kepada para pihak yang menuduh ibunya melakukan cawe-cawe terhadap pencalonan Gibran, sang kakak.

"Terus kalau ada yang ngomong, ini info A1, buktinya mana sini," kata Kaesang dikutip dari acara Podcast Kiky Saputri Official, Jumat, 8 Desember 2023.

PSI Masih Berpeluang Masuk Parlemen dengan 4 Persen Suara, Menurut Data Riset Analitika

Kaesang mengaku, Iriana yang juga Ibu Negara itu senantiasa mendoakan yang terbaik bagi anak-anaknya, termasuk Gibran yang maju sebagai cawapres di Pilpres 2024. Namun, Kaesang membantah sang ibu sampai harus turun menemui relawan-relawan dan juga melobi HIPMI untuk memenangkan Gibran.

"Dibilang ibu saya punya kontribusi sangat besar dengan mas Gibran menjadi cawapres, itu saya rasa iya. Karena, ibu saya yang mendoakan kakak saya. Tapi, bukan sampai yang dibilang ke HIPMI, ke relawan, itu saya harus ngomong, enggak," kata Kaesang.

Wakil Ketua MPR: Wacana Penggunaan Hak Angket untuk Pemilu Kontraproduktif

Di sisi lain, Kaesang mengaku harus siap dengan segala resiko ketika sudah terjun ke politik. Termasuk, sang ayah yaitu Presiden Jokowi. Namun dia sudah menyadari konsekuensi ketika banyak yang menghujat dan mengkritik Jokowi. Tapi ia merasa sakit hati ketika ibunya malah yang diseret-seret ke dalam politik.

"Karena gini, balik lagi ketika bapak masuk ke politik itu ada konsekuensi yang harus dihadapin. Dan kita juga dari keluarga harus sudah siap, kalau ada apapun terjadi dengan bapak, katakan lah di fitnah seperti itu ya kita harus siap. Cuma ya kita kadang sebagai anak juga pasti ada rasa. Kalau ke bapak aku udah gak ada rasa. Tapi ketika kalau sampai ke ibu, ada rasa sakit hati, pasti ada," jelasnya.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka juga angkat bicara soal isu sang Iriana jadi sosok yang mendorong dia maju cawapres. Awalnya Gibran balik bertanya siapa yang menyebar isu itu.

"Kata siapa?" tanya Gibran merespons pertanyaan wartawan, Minggu, 19 November 2023.

Gibran dengan tegas mengatakan, bahwa ibunya tidak pernah menemui relawan hingga cawe-cawe membuka jalan untuknya maju cawapres. Apalagi isu Iriana melobi dan bertemu dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

"Nggak benar. Tanya aja ke relawan, pernah nggak ketemu. Oh HIPMI apalagi," ujar Gibran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya