Logo ABC

Bobot Arya Permana Turun Drastis

arya permana
arya permana
Sumber :
  • abc

Arya Permana, yang dinobatkan sebagai anak paling gemuk di dunia asal Karawang, Jawa Barat berhasil menurunkan berat badannya hingga 83 kilogram. Kisah Arya menekankan catatan pentingnya mencegah kegemukan pada anak.

Sosok Arya Permana, anak laki-laki asal Desa Cipurwasari, Karawang, Jawa Barat saat ini amat jauh berbeda dibandingkan kondisinya satu tahun yang lalu.

Ketika itu Arya tidak bisa banyak bergerak dan hanya bisa berbaring di lantai rumahnya lantaran memiliki bobot tubuh hingga 192 kilogram. Media dalam dan luar negeri bahkan menyebut Arya sebagai anak paling gemuk sedunia.

Namun kini berat Arya Permana sudah berkurang 83 kilogram menjadi tinggal 109 kilogram saja. Penurunan ini sukses dilakukan Arya hanya dalam waktu 1 tahun. Arya mengaku senang bisa bebas beraktivitas.

“Saya senang sekarang bisa main kemana-mana bersama teman. Saya bisa olahraga juga main bola, tenis, bulu tangkis sama teman. Dan bisa pergi sekolah setiap hari.” Tutur Arya Permana.

arya permana Photo: Arya Permana (kiri) setelah turun berat badannya 83 kg sudah lincah beraktivitas termasuk pergi ke sekolah. Ketika bobotnya masih 192 kg, Arya Permana hanya mampu melangkah 10 langkah saja. (Radar Karawang)

Semua aktivitas tersebut merupakan hal yang tidak mungkin dilakukan Arya saat bobot tubuhnya masih 192 kilogram. Ketika itu, bahkan untuk melakukan lebih dari 10 langkah saja ia sudah tidak mampu.