Gus Ipul Tiba-tiba Cetuskan Ide Program Menabung Air

Calon gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, mengunjungi kampung Glintung Go Green di Kota Malang pada Jumat, 11 Mei 2018.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Calon gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, tercetus ide menciptakan provinsi hijau untuk Jawa Timur, dengan mencontoh konsep kampung Glintung Go Green atau 3G di Kota Malang.

PDIP Lempar Sinyal Siap Koalisi dengan PAN Usung Khofifah di Pilgub Jatim

Kampung Glintung, dianggap sukses menciptakan Gerakan Menabung Air (Gemar). Warga setempat memiliki program biopori sebagai tempat menampung air, sekaligus fasilitas antisipasi terhadap banjir.

Kampung itu terletak di RW 23, Purwantoro, Blimbing, Kota Malang. Selama lima tahun terakhir, warga sukses menanam sekitar 1.100 biopori yang tersebar di seluruh kampung. Hasilnya, daerah yang biasanya menjadi langganan banjir, kini bebas bencana rutin tahunan itu.

Gus Ipul Sarankan PKB Sowan ke Rais Aam dan Ketum PBNU: Minta Nasihat Gitu

"Saya ingin nanti Gerakan Menabung Air menjadi gerakan yang lebih besar. Bukan hanya sebagai sumber resapan, biopori tersebut sekaligus menjadi media penghasil kompos. Bahkan, kompos yang dihasilkan kampung ini juga bisa dijual," kata Gus Ipul, saat mengunjungi Kampung Glintung pada Jumat 11 Mei 2018.

Selain menjadi kompos, air yang tertampung di biopori juga meresap ke sumur-sumur warga dan menjadi sumber mata air baru. Sumur itu dimanfaatkan warga untuk mengembangkan konsep pertanian berbasis hidroponik.

Gus Ipul Sindir PKB Belum Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Apresiasi Pilihan Rakyat Itu Penting

"Tanaman hidroponik ini mahal harganya, karena memang kaya akan gizi. Kampung ini juga mempunyai bank sampah, selain digunakan sebagai bahan kompos," ujarnya.

Gus Ipul Tiba-tiba Cetuskan Ide Program Menabung Air

Kampung Glintung Go Green Kota Malang telah mendapat berbagai penghargaan dari dalam negeri dan luar negeri berkat terobosan konsep peduli lingkungan itu. Koordinator warga, Bambang Irianto, pernah menjadi pembicara di forum internasional, Guangzhou Award for Urban Inovation 2016.

"Saya terinspirasi dan ingin mengaplikasikan terobosan ini sebagai program pemerintah provinsi. Ini sebuah pencapaian yang patut diapresiasi," kata Gus Ipul.

Gus Ipul berjanji jika terpilih sebagai gubernur, program menabung air akan diadopsi di seluruh wilayah Jawa Timur. Menurutnya, gerakan menabung air bermanfaat besar bagi masyarakat.

"Kalau seperti ini warganya akan kerasan (betah), karena memiliki konsep yang bagus. Program ini bisa ditiru dan dikembangkan di Jawa Timur. Manfaatnya besar, harus lebih banyak lagi kampung seperti Ini," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya