Bela Gus Ipul, Panglima Santri NU Sindir Cak Imin: Selesai Hajatan, Lapor PBNU Minta Petunjuk

Pasangan capres cawapres nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Elite Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ikut merespons perselisihan antara Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. Keduanya sempat terlibat friksi dengan saling sindir.

KPU: Putusan MK atas Sengketa Pemilu 2024 Bersifat Erga Omnes

Awalnya, Gus Ipul menyarankan agar PKB bersama Cak Imin kembali ke jalan yang benar usai Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Tapi, omongan Gus Ipul justru dibalas Cak Imin dengan menyebut eks Wakil Gubernur Jawa Timur itu adalah makelar NU.

Panglima Santri NU, Habib Umarsyah mengatakan Gus Ipul memang benar minta Cak Imin kembali ke jalan yang benar. Sebab, Cak Imin tak menunjukkan sikap baik kepada PBNU selama mengikuti kontestasi Pilpres 2024 dengan memutus komunikasi.

KPU Klaim Penyelenggaraan Pilpres 2024 Sudah Sesuai UU Pemilu

"Muhaimin maju (cawapres) tanpa bicara, tanpa unggah-ungguh dengan PBNU. Kemudian, banyak statement dari Muhaimin dan jajarannya yang tidak elok," kata Umarsyah saat dikonfirmasi, Selasa 27 Februari 2024.

SekJen PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul di acara shalawatan di Surabaya.

Photo :
  • istimewa/Nur Faishal
KPU: Tambahan Alat Bukti dari Kubu Anies dan Ganjar Tidak Sesuai Fakta

Umarsyah menuturkan hingga Pemilu 2024 berlangsung, Cak Imin belum juga menemui pihak PBNU. Hal itu termasuk Cak Imin yang belum menemui Rais Aam yang merupakan otoritas tertinggi PBNU.

Bagi dia merasa heran karena PKB kerap mengungkap partainya melekat dengan NU.

"Harusnya setelah pemilu, Muhaimin langsung mengambil langkah untuk menetralkan suasana. Positioning dong. selesai hajatan, lapor dengan PBNU. Minta petunjuk, itu wajar, lah," jelas Umarsyah.

Sebelumnya, cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menanggapi pernyataan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Cak Imin minta agar tak mengiraukan pernyataan Gus Ipul.

Cak Imin menyebut Gus Ipul merupakan sosok makelar sehingga tak perlu dihiraukan.

"Selamat pagi para pejuang perubahan.!Teruslah bekerja menjaga suara rakyat. Jangan hiraukan makelar yang namanya Saipul, mengatas namakan NU. Padahal cuma makelar," ujar Cak Imin melalui tweet di akun media sosial X yang dikutip Senin, 19 Februari 2024.

Cak Imin menyampaikan demikian karena merespons omongan Gus Ipul. Kata Gus Ipul, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) disarankan agar kembali ke jalan yang benar. Menurut dia, PKB mesti sesuai dengan NU.

“Kembalilah ke jalan yang benar yakni jalan yang sesuai dengan Nahdlatul Ulama,” kata Gus Ipul dalam keterangannya, Minggu, 18 Februari 2024.

Gus Ipul menyindir PKB selama ini klaim partainya warga NU. Maka itu, ia menyebut PKB sudah selayaknya segera kembali bersama NU dengan bisa menerima apapun hasil pemilu yang sudah terlihat jelas.

“PBNU sudah menerima dan marilah kita sama-sama menghormati hasil pemilu. Kalau PKB mengaku partainya NU, ya mari bersama PBNU menyejukkan suasana,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya