Besok, KPU Mulai Gelar Pleno Hasil Penghitungan Suara Luar Negeri

Ketua KPU Hasyim Asyari
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bakal mengadakan rapat pleno hasil penghitungan suara tingkat nasional untuk pemilih luar negeri, pada Rabu, 28 Februari 2024. Rapat pleno mulai digelar pukul 09.00 WIB di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

Baliho Rektor UMT Maju Pilkada Kota Tangerang Dirusak OTK, Relawan Geram

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari bilang dalam rapat pleno nanti, sebagian Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) akan ikut serta.

"Sampai hari ini, PPLN seluruh dunia, dari 128 PPLN itu yang sudah hadir ada 36 PPLN. Sudah siap mengikuti rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara," kata Hasyim Asy'ari, Selasa, 27 Februari 2024.

494 Suara Hilang di Dapil Jabar 1, Nasdem Tuduh Golkar Ada Kenaikan 472 Suara Ilegal

Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Diketahui bahwa dari 128 PPLN, tersisa satu PPLN di Kuala Lumpur yang belum selesai lantaran harus dilakukan pemungutan suara ulang (PSU). Sehingga, rekapitulasi nasional akan dimulai dari rekapitulasi suara pemilih luar negeri yang sudah hampir rampung seluruhnya.

PPP Sebut 36 Ribu Suaranya Pindah ke Partai Garuda di Dapil Jawa Barat

"Rapat pleno dilakukan pada Rabu 28 Februari 2024 besok dimulai pukul 09.00 WIB dimulai dari rekapitulasi hasil pemungutan suara luar negeri," kata Hasyim.

Hasyim menambahkan, rapat pleno nanti juga bakal dihadiri saksi-saksi baik dari peserta pilpres, partai politik hingga saksi perseorangan anggota DPD RI. Adapun Bawaslu dan sejumlah stakeholder yang berkaitan dengan kepemiluan juga akan hadir.

"Ini rapat pleno terbuka, sehingga siapapun bisa mengakses, tapi tentunya untuk masuk ruangan ada keterbatasan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya