Densus Tangkap Satu Terduga Teroris di Cikarang

Ilustrasi penangkapan teroris
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – Satu terduga teroris berinisial MI alias AB berhasil dibekuk Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri di Desa Sukademi, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Minggu 13 Mei 2018 pukul 07.30 WIB. Terduga teroris merupakan bagian dari JAD Jabodetabek.

5 Fakta Penangkapan Teroris di Bekasi yang Merupakan Karyawan PT KAI

Ketika dikonfirmasi, Kapolres Metro Bekasi Kabupaten, Kombes Candra Sukma membenarkan, adanya penangkapan terduga teroris oleh Densus 88 Mabes Polri di wilayah Cikarang Selatan. "Memang benar ada penangkapan. Untuk proses selanjutnya masih dilakukan tim Densus," katanya.

Sejauh ini, kata dia, polisi diminta untuk melakukan pengamanan di sekitar lokasi penangkapan. Sebab, dalam penangkapan, MI sedang berada di dalam rumah orangtuanya yang berada di Cikarang Selatan. Namun, untuk lebih lanjutnya, Chandra menjelaskan, akan dibeberkan pihak Mabes Polri.

Sempat Baku Tembak, Total 6 Tersangka Teroris Ditangkap Densus 88 di Lampung

Informasi yang dihimpun di lapangan, penangkapan ini terindikasi pengembangan dari empat terduga teroris sebelumnya di sekitar Stasiun Tambun beberapa waktu lalu. Bahkan, MI besar kemungkinan bagian dari JAD Jabodetabek.

Terduga teroris MI diduga kuat memiliki ikatan dengan narapidana kasus terorisme yakni KR dan NS. Dan MI digadang-gadang orang yang melakukan pelatihan semi militer di Sukabumi. Dan MI melakukan perencanaan penyerangan di sejumlah pos polisi di wilayah Bogor, Bandung, Jakarta, dan Mako Brimob Depok.

Anggota Densus 88 Tertembak saat Sergap Komplotan Teroris Lampung
Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

BNPT: 148 Teroris Ditangkap Sepanjang Tahun 2023, Didominasi JI dan JAD

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan bahwa sebanyak 148 teroris telah berhasil ditangkap sepanjang tahun 2023

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023