Uskup Agung: Politikus Jangan Provokasi Insiden Teror Bom

Garis polisi di tiga gereja Surabaya
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Didik Suhartono

VIVA – Keuskupan Agung Jakarta meminta kepada semua pihak menahan diri untuk tak memberikan pernyataan yang sifatnya provokatif. Permintaan itu ditujukan kepada tokoh atau politikus yang memanfaatkan aksi terorisme demi kepentingan pribadi.

Uskup Agung Kritik Definisi Ekstremisme Baru di Inggris Menyasar Komunitas Muslim

"Mengimbau semua tokoh politik dan masyarakat agar mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Tidak memperkeruh suasana dan mengeluarkan statement tendensius," ujar Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo saat menyampaikan keterangan pers di Gereja Katedral Jakarta, Senin 14 Mei 2018.

Romo Suharyo meminta agar ucapan-ucapan yang menjurus adu domba segera diakhiri. Ia mengaku, momentum aksi teror ini juga disusupi aktivitas politik menjelang tahu-tahun pemilihan.

Kardinal Suharyo Bertemu Prabowo: Intinya adalah Persatuan dan Kerukunan

"Tahun politik ini pasti suhu akan meningkat. Kita semua minta kepada para pemimpin politik, tokoh politik, tokoh kemasyarakatan, yang ingin berkompetisi mencapai kekuasaan jabatan mohon jangan pernah menggunakan sentimen agama untuk mencapai tujuan," jelas Suharyo.

Menurut dia, jabatan jangan diperoleh dengan cara-cara yang dapat memecah persatuan. Ia pun mengajak semua elemen masyarakat kompak melawan pelaku teror, dan mendesak kepada aparat untuk mengusut tuntas rentetan teror bom.

Hadiri Dialog di KWI, Prabowo Dapat Nasihat dari Uskup Agung Jakarta

"Hentikan segala spekulasi yang bisa memperkeruh peristiwa. Kita percayakan penanganan sepenuhnya di tangan aparat keamanan," ujar Suharyo. (ren)

Suasana Misa Paskah Pontifikal di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (31/3/2024)

Pesan Uskup Agung di Perayaan Paskah: Soal TPPO, Korupsi hingga Pencucian Uang

Uskup Keuskupan Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo mengajak masyarakat ikut peduli dengan kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO), pencucian uang.

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024