65 Ribu Orang Antre Beri Penghormatan Terakhir Pada Mendiang Paus Benediktus

Jenazah Paus Emeritus Benediktus XVI, disemayamkan di Basilika Santo Petrus pada hari Senin, 2 Januari 2023.
Sumber :
  • AP Photo/Gregorio Borgia.

VIVA Dunia – Jenazah Paus Emeritus Benediktus XVI, disemayamkan di Basilika Santo Petrus pada hari Senin, 2 Januari 2023, dengan puluhan ribu orang mengantre untuk memberikan penghormatan kepada paus yang mengejutkan dunia, karena mengumumkan pensiunnya satu dekade lalu.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Menjelang hari pertama dari tiga hari persemayaman Paus, pejabat keamanan Italia memperkirakan setidaknya 25.000-30.000 orang akan datang. "Tetapi pada baru hari pertama, orang yang mengunjungi jenazah paus sekitar 65.000 orang," kata Vatikan, dikutip dari AP, Selasa, 3 Januari 2023.

Saat fajar menyingsing, 10 Tuan Kepausan bersarung putih, asisten awam Paus dan rumah tangga kepausan membawa jenazah dengan tandu kayu berlapis kain setelah tiba di Basilika ke tempat peristirahatannya di depan altar utama di bawah kanopi perunggu Bernini yang menjulang tinggi.

Jokowi Datang Melayat ke Mooryati Soedibyo, Ikut Salat Jenazah

Masyarakat Katolik mengantre masuk gedung Basilika Santo Petrus, Vatikan, pada Senin, 2 Januari, untuk melihat jenazah Paus Emeritus Benediktus XVI.

Photo :
  • AP Photo/Alessandra Tarantino.

Seorang Garda Swiss memberi hormat ketika jenazah Benediktus dibawa masuk melalui pintu samping, setelah dipindahkan dengan sebuah mobil van dari kapel halaman biara tempat mantan Paus berusia 95 tahun itu meninggal dunia.

Suasana Rumah Duka Mooryati Soedibyo, Dipenuhi Pelayat dan Karangan Bunga

Sekretaris lamanya, Uskup Agung Georg Gaenswein, dan beberapa wanita awam yang melayani di rumah Benediktus, mengikuti mobil van dengan berjalan kaki beberapa ratus meter dalam prosesi menuju basilika. Beberapa wanita mengulurkan tangan untuk menyentuh tubuh Paus dengan hormat.

Sebelum umat awam diizinkan masuk ke Basilika, doa-doa dibacakan dan Imam Agung Basilika, Kardinal Mauro Gambetti, memercikkan air suci ke tubuh, dan asap berbentuk awan kecil dari dupa dilepaskan di dekat usungan. Tangan Benediktus terkepal, sebuah rosario melingkari jari-jarinya.

Masyarakat Katolik berbaris melihat jenazah Paus Emeritus Benediktus XVI, yang disemayamkan di Basilika Santo Petrus pada hari Senin, 2 Januari 2023.

Photo :
  • AP Photo/Andrew Medichini.

Tepat setelah jam 09.00 waktu setempat, pintu Basilika dibuka sehingga publik dapat melihat jenazah Paus. Beberapa di antaranya telah menunggu berjam-jam dalam cuaca sebelum fajar agar dapat memberikan penghormatan kepada mendiang Paus.

Setia dan ingin tahu, publik berjalan cepat ke lorong tengah untuk melewati usungan dengan kain terbungkus setelah menunggu dalam antrean berliku-liku di sekitar Lapangan Santo Petrus.Tubuh Benediktus dibalut dengan mitra, tutup kepala uskup yang memuncak, dan jubah berwarna merah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya