Menag: Bercadar dan Yang Tidak Harus Saling Menghormati

Santriwati bercadar bersiap membidik target busur panah saat mengikuti latihan olahraga Ekstrakurikuler Panahan di Pondok Pesantren Al-Idrisiyyah, Kampung Pagendingan, Kabupaten Tasikmalaya
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta semua pihak saling menghormati termasuk soal penggunaan cadar oleh perempuan muslim. 

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

Sikap saling menghormati itu perlu agar tidak ada saling curiga antara satu dengan yang lainnya apalagi belakangan penggunaan cadar dikaitkan dengan kelompok tertentu. 

"Kita harus hormati sebagaimana kita juga hormati orang-orang lain yang gunakan berbagai macam atribut yang terkait dengan keagamaan," kata Lukman di kantor Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Jakarta, Jumat 18 Mei 2018. 

Lebaran Aman dari Gangguan Terorisme, Komisi III DPR Apresiasi BNPT

Menurut Lukman, mereka yang menggunakan cadar juga harus menunjukkan sikap keterbukaannya. 

Di tengah situasi seperti ini, kata dia, justru sikap tertutup seseorang menjadi wajar jika menjadi perhatian orang-orang di sekelilingnya.

Pakar Dukung BNPT Tangkal Konten Radikalisme: Butuh Keterlibatan Banyak Pihak

"Jadi jangan eklusif tapi juga berbaur dengan masyarakat sekitarnya sehingga meskipun bercadar lingkungan masyarakat sekitar memiliki rasa aman, rasa percaya. Jadi kedua belah pihak saling hormati satu dengan yang lain," kata dia. 

Sebelumnya penggunaan cadar sempat menjadi polemik di tengah isu maraknya serangan terorisme di Tanah Air. Sebagian kalangan curiga jika penggunaan atribut tertentu kerap diidentikkan dengan kelompok radikal.
 

Ilustrasi  jalan di Bali dipasangi penjor atau janur kuning sambut  delegasi internasional di Bali

Tokoh Bali Ngurah Harta Pastikan Bali Aman, Siap Selenggarakan World Water Forum ke-10

Tokoh masyarakat Bali, I Gusti Ngurah Harta, memastikan Bali siap menggelar World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan dilaksanakan pada 18-25 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024