Gunung Soputan Waspada, Warga Diminta Pakai Masker

Gunung Soputan
Sumber :
  • Antara

VIVA – Aktivitas Gunung Soputan, Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara meningkat. Meski begitu, Gunung berketinggian 1.809 meter dari permukaan laut itu masih dalam tahap level II atau waspada.

Gunung Soputan Erupsi, Warga Diminta Waspada 

"Secara visual, gunung jelas hingga kabut 0-II. Asap kawah bertekanan lemah hingga sedang, teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 100 m di atas puncak kawah," kata Pengamat Gunung Soputan, Steve Stuward Muaja Rotti di Manado, Selasa 22 Mei 2018.

Untuk itu, rekomendasi kepada masyarakat agar tidak beraktivitas di dalam radius 1,5 kilometer dari puncak Gunung Soputan dan dalam wilayah sektor arah barat-barat daya sejauh 2,5 km, yang merupakan daerah bukaan kawah, guna menghindari ancaman leleran lava dan awan panas guguran.

Warga Sekitar Gunung Soputan Belum Perlu Mengungsi

"Kemudian, mewaspadai terjadinya ancaman aliran lahar, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan, seperti Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang dan Londola Kelewahu," kata Steve.    

Juga diingatkan, jika terjadi hujan abu, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi terhadap gangguan saluran pernapasan. "Ini penting, sehingga tidak terjadi bahaya bagi masyarakat," katanya.

Erupsi Gunung Soputan Tak Ganggu Penerbangan di Bandara Sam Ratulangi

Otnie Tamod, warga sekitar Gunung Soputan mengaku sejauh ini masyarakat menganggap biasa-biasa saja. "Hanya saja, rekomendasi dari pihak pengamat gunung perlu diwaspadai," tuturnya. (asp)

Gunung Soputan erupsi.

Gunung Soputan Erupsi, Bandara Sam Ratulangi Beroperasi Normal

Otoritas bandara setempat terus melakukan pemantauan.

img_title
VIVA.co.id
17 Desember 2018