Empat Polda Akan Naik Tipe A, Ini Penjelasan Polri

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen (Pol) Setyo Wasisto (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Empat Kepolisian Daerah (Polda) dipastikan akan naik tingkat dari tipe B menjadi tipe A. Keempat Polda tersebut yakni Polda Jambi, Polda Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Nusa Tenggara Barat.

Bareskrim Tangkap 142 Tersangka dan Minta Blokir 2.862 Website Judi Online

"Iya, benar ada empat Polda naik dari tipe B menjadi tipe A. Yaitu Polda Jambi, Kalsel, Kalteng dan NTB," kata Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto ketika dikonfirmasi, Rabu 23 Mei 2018.

Setyo menjelaskan, dalam keputusan kenaikan tipe empat Polda tersebut merupakan proses yang sudah cukup lama. Bahkan, untuk menaikkan tipe sebuah Polda harus melalui pengecekan di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). "Ini sudah proses lama setahun lalu," ujar Setyo.

Belasan Desa di Luwu Terisolasi akibat Banjir dan Longsor, BNPB Kerahkan Helikopter dan Pesawat

Dalam pengecekan tersebut, KemenPAN-RB melihat pelayanan masyarakat keempat Polda tersebut sudah layak untuk ditingkatkan menjadi tipe A. "Kalau pelayanan masyarakat ini sudah layak tipe A atau belum. Kalau belum ya enggak dikasih. Ujung-ujungnya kepada pelayanan masyarakat," ujarnya.

Selain itu, penilaian juga dilakukan terkait dengan eskalasi ancaman, luas wilayah, dan jumlah penduduk. Nantinya, dengan ditingkatkannya keempat Polda menjadi tipe A maka pejabat yang memegang wilayah tersebut memiliki kriteria khusus.

Viral Fortuner Polisi yang Kecelakaan di Tol MBZ Berubah Pelat Nomornya

"Pejabatnya tertentu bisa lebih senior, yang eselonisasinya dan sangat mendukung. Tahun lalu kan Sumatera Barat dan Riau (dinaikan tipe)," katanya menambahkan.

Untuk diketahui, jika keempat Polda tersebut dinaikkan menjadi tipe A maka empat polda tersebut selanjutnya akan dipimpin seorang kepala kepolisian daerah (kapolda) dengan pangkat inspektur jenderal (irjen) berbintang dua. Sedangkan, wakil kepala kepolisian daerah (wakapolda) dipimpin seorang polisi berpangkat brigadir jenderal (brigjen) berbintang satu. (mus)

Irjen Pol Hery Heryawan foto bersama Irjen Pol Martinus Hukom usai acara kenaika

Sosok Herimen, Jenderal Bintang 2 Polri yang Pernah Tembak Kaki John Kei

Mendengar nama John Kei, masyarakat akan mengingat sejumlah kasus premanisme dan sosok polisi yang berperan menangkapnya, yakni Inspektur Jenderal( Irjen) Herry Heryawan.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024