Mendagri Investigasi Kasus e-KTP Tercecer di Jalanan

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – Kementerian Dalam Negeri melakukan investigasi internal terkait tumpukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik rusak atau invalid yang tercecer di jalanan Depok hingga Bogor.

Rektor UIN Jakarta Semprot Agus Rahardjo Soal e-KTP: Pak Agus Seharusnya Merespon Saat Itu

"Kepada Sekjen, Irjen, dan biro hukum, segera turun lakukan investigasi di Ditjen Dukcapil. Siapa yang tanggung jawab, dan pasti ada unsur sabotase," ucap Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo melalui pesan singkatnya pada wartawan, Minggu, 27 Mei 2018.

Diduga ada yang dibuat-buat terkait hal tersebut. Maka dari itu, kata Mendagri, perlu investigasi mendalam untuk mencari pelalu dan motif dari peristiwa ini. Ia pun telah meminta Ditjen Dukcapil segera menindaklanjuti peristiwa ini. 

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

E-KTP yang berceceran di kawasan Jalan Raya Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Menurut Tjahjo, seharusnya e-KTP yang rusak segera dihancurkan. "Harus dihancurkan atau dibakar. Jangan dibawa-bawa ke gudang, waspada disalahgunakan," ujar dia.

Ogah Jadi Hakim Moral, Alasan Prabowo Tak Cecar Ganjar soal Kasus Wadas hingga e-KTP Saat Debat

Maka dari itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan kepolisian. Hal itu guna mencari tahu pihak yang bertanggung jawab atas hal tersebut.

"Kepada Dirjen Dukcapil, Selasa besok harus selesai usulan mutasi pejabat Dukcapil yang harus bertanggung jawab, (atau) dinonjobkan. Saya berpendapat sebagai Mendagri, ini sudah bukan kelalaian tapi sudah unsur kesengajaan," katanya. (ase)

Cara membuat KTP digital

INFOGRAFIK: Cara Buat KTP Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan rencana penggantian e-KTP fisik dengan KTP Digital atau disebut dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2023