Jelang Lebaran, DPR Sebut Tiket Pesawat Lompat Galah

Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Chandra G Asmara

VIVA – Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Sigit Sosiantomo menyebut harga tiket pesawat jelang Lebaran, baik arus mudik atau balik bagaikan lompat galah. Hal tersebut, lantaran banyak ditemukan harga tiket pesawat yang sangat mahal.

Indonesian Economy Grows 5,11 Percent in Q1 2024

"Para maskapai jangan lah memainkan harga mendekati Lebaran ini. Kalau seperti itu, kalian ini lompat galah, karena naiknya harga tiket yang sangatlah mahal seperti dengan rute Jakarta-Surabaya yang dikenakan Rp2 juta. Lalu, bagaimana saat H-2 nanti, bisa mahal sekali," katanya, saat melakukan pengecekan di Posko Terpadu Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis 7 Juni 2018.

Sigit mempertanyakan pada pihak maskapai, terkait batas atas harga tiket pesawat. Ini sebagai acuan masyarakat dalam memperkirakan tiket yang akan dibelinya untuk mudik.

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Sementara itu, Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I Bandara Soetta, Bagus Sunjoyo mengatakan, terkait mahalnya tiket pesawat, dimungkinkan masyarakat melakukan penerbangan dengan jalur transit, lantaran kehabisan tiket pesawat dengan lokasi tujuan langsung.

"Pengawasan kami khusus di Bandara Soekarno Hatta sejauh ini, tidak ada yang memainkan harga tiket dan masih dalam batas wajar. Dalam artiannya, tidak lebih dari batas atas. Terkait mahalnya tiket, dimungkinkan penumpang melakukan jalur transit seperti akan ke Surabaya yang seharusnya rute Jakarta-Surabaya. Tetapi, mereka harus membeli tiket Jakarta-Makasar-Surabaya, dengan metode transit," katanya.

Akhiri Masa Siaga, PLN Sukses Layani Kelistrikan Nasional Selama Idul Fitri 2024

Namun, diketahui pula, pihak Kementerian Perhubungan akan melakukan sanksi bila terdapat maskapai yang memainkan harga tiket pesawat. Akan dilakukan pembatalan penerbangan bila terdapat kecurangan harga tiket.

Kemenag Beri Penghargaan Anugerah Syiar Ramadan 2024

Hasil Kolaborasi Kemenag, KPI dan MUI Hasilkan Pemenang Anugerah Syiar Ramadan 2024

Suguhan tayangan berkualitas dan menyejukkan selama Ramadan, menjadi salah satu hal yang terus dilakukan oleh Kementerian Agama. Maka, sejumlah program diganjar anugerah.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024