Iktikaf, Puluhan Tenda Kamping Berdiri di Masjid Ini

Puluhan tenda berdiri di halaman Masjid Habiburrahman Bandung, Jawa Barat.
Sumber :
  • Dede Idrus

VIVA – Pemandangan menarik terlihat di salah satu masjid di Kota Bandung. Puluhan tenda berdiri memenuhi halaman Masjid Raya Habiburrahman, Jalan Kapten Tatanegara, Bandung, Jawa Barat.

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Tenda dengan berbagai ukuran itu rupanya digunakan jemaah untuk beristirahat di sela-sela kegiatan beribadah. Seperti iktikaf, tadarus dan salat malam. Tenda-tenda makin ramai khususnya saat 10 hari terakhir Ramadan.

Salah satu jemaah, Akmal Muhlis, mengaku sudah berada di Mesjid Habiburrahman sejak hari ke 21 Ramadan. Bahkan, dia mengajak sanak keluarganya untuk menginap.

Akhiri Masa Siaga, PLN Sukses Layani Kelistrikan Nasional Selama Idul Fitri 2024

"Ya beribadah saja. Sesuai sunah Rasulullah, 10 hari terakhir Ramadan beritikaf, karena ada keistimewaan lailatul qadar," kata Akmal saat berbincang dengan VIVA, Rabu dini hari, 13 Juni 2018.

Jemaah melaksanakan itikaf di Masjid Habiburrahman Bandung, Jawa Barat.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Untuk persediaan makanan selama tinggal di Masjid Habiburrahman, pria berusia 36 tahun ini menuturkan sudah menyiapkannya sejak awal Ramadan. Sehingga tidak ada kesulitan ketika buka puasa atau sahur.

Akmal bersyukur bisa tetap menjalankan itikaf di Masjid Habiburrahman selama Ramadan. Akmal mengaku kegiatan tersebut sudah dilakukannya sejak empat tahun lalu.

"Kalau saya sudah tahun ke empat. Ya, mudah-mudahan bisa meningkatkan keimanan, karena bulan Ramadan banyak keistimewaannya," katanya.

Puluhan tenda berdiri di halaman Masjid Habiburrahman Bandung, Jawa Barat.

Kegiatan di Masjid Habiburrahman setiap harinya terbilang padat. Pada pagi dan siang hari para jemaah mengikuti kajian dengan bimbingan dari ustaz setempat. Lalu, malamnya melaksanakan tadarus dan salat malam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya