Enam Terduga Teroris Ditangkap Densus di Jatim

Kepala Polda Jatim Inspektur Jenderal Machfud Arifin, dan Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Arif Rahman saat sambang pos pengamanan di Surabaya pada Kamis malam, 14 Juni 2018.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Enam terduga teroris ditangkap tim Detasemen Khusus 88 Antiteror dalam rangkaian penindakan di Kabupaten Biltar dan Tulungagung, Jawa Timur, pada Rabu malam, 13 Juni 2018. Mereka masih menjalani pemeriksaan oleh tim Densus. 

5 Fakta Penangkapan Teroris di Bekasi yang Merupakan Karyawan PT KAI

"Ada beberapa titik dilakukan penangkapan (terhadap terduga teroris), lima di Blitar dan satu di Tulungagung," kata Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Machfud Arifin, saat meninjau pos pengamanan bersama Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman, di Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis malam, 14 Juni 2018. 

Machfud tidak menerangkan secara rinci identitas maupun inisial enam terduga yang diamankan itu. Dia juga tidak menjelaskan mereka ditangkap terkait jaringan apa dan akan melakukan aksi teror di mana. “(penangkapan) dalam rangka pendalaman pemeriksaan. Kalau yang cukup bukti, dilanjutkan; kalau enggak, ya, dipulangkan," ujarnya. 

Sempat Baku Tembak, Total 6 Tersangka Teroris Ditangkap Densus 88 di Lampung

Di bagian lain, Machfud memastikan bahwa Jatim aman sehingga masyarakat bisa merayakan Idul Fitri atau Lebaran kali ini dengan nyaman. Selain pos pengamanan di Surabaya, pos pengamanan di Kabupaten Sidoarjo juga ditinjau oleh Wakil Kepala Polda Jatim, Brigadir Jenderal Widodo Prihartopo.

Kunjungan ke pos pengamanan dilakukan untuk memberikan pengarahan sekaligus apresiasi kepada anggota Polri dan TNI yang bertugas menjaga keamanan saat Lebaran, terutama pada malam takbiran yang biasanya dilakukan masyarakat dengan takbir keliling dan menyulut petasan. 

Anggota Densus 88 Tertembak saat Sergap Komplotan Teroris Lampung

Untuk takbir keliling, dia mengimbau masyarakat agar melakukan takbiran di masjid saja. Begitu pula dengan petasan, sudah pasti akan ditertibkan jika itu membahayakan keselamatan. "Apalagi yang menimbulkan ledakan yang keras. Kalau sekadar petasan yang ringan-ringan, mungkin enggak terlalu masalah," kata Machfud. (ren)

Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

BNPT: 148 Teroris Ditangkap Sepanjang Tahun 2023, Didominasi JI dan JAD

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan bahwa sebanyak 148 teroris telah berhasil ditangkap sepanjang tahun 2023

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023