Kandas di Perairan Bulukumba, KM Lestari Maju Bawa 139 Penumpang

Kapal Motor Lestari Maju kandas di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan
Sumber :
  • Twitter Sutopo Purwo Nugroho (Humas BNPB)

VIVA – Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Lestari Maju yang tenggelam di perairan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, mengangkut 139 penumpang. Selain mengangkut 139 penumpang, kapal tersebut juga mengangkut 48 kendaraan.

1 Penumpang Kapal Tenggelam di Maluku Ditemukan, Total 6 Orang Tewas

"Manifes kapal ada 139 orang penumpang dan 48 kendaraan," ujar Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Selasa 3 Juli 2018.

KM Lestari Maju tenggelam di perairan Selayar, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, sekitar pukul 14.30 Wita. Lambung kapal itu bocor sehingga menyebabkannya tenggelam.

Kapal Angkut Pemancing di Makassar Tenggelam Diterjang Ombak, 1 Hilang

"Diperkirakan terjadi kebocoran di lambung kiri kapal sehingga tenggelam," ujarnya.

Korban meninggal dunia terus bertambah dari insiden KM Lestari Maju yang dilaporkan kandas di perairan Kabupaten Kepulauan Selayar. Pihak Polres Kepulauan Selayar merilis, hingga pukul 17.30 WITA, korban meninggal dunia mencapai 12 orang.

Kapal Ikan Spanyol Tenggelam di Kanada, 10 Nelayan Meninggal 11 Hilang

Di antara korban tersebut, Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP Syamsu Ridwan menyebut, terdapat dua balita di antara korban tersebut. Satu balita berjenis kelamin laki-laki berumur dua tahun dan balita perempuan berumur tiga tahun.

"Identitas keduanya masih tahap identifikasi," ucap Syamsu, Selasa 3 Juli 2018.

Hingga saat ini, proses evakuasi masih dilakukan. Sementara itu, korban selamat telah dilarikan ke pusat kesehatan masyarakat di beberapa kecamatan terdekat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya