UB's Week 2018 Tekankan Pentingnya Kreatifitas di Era Industri 4.0

UB's Week 2018.
Sumber :
  • Dokumentasi Universitas Bakrie.

VIVA – Mengusung tema ‘Festival of Creativity’, Universitas Bakrie menyambut mahasiswa baru pada acara orientasi mahasiswa baru atau lebih dikenal dengan nama UB’s Week. Acara itu merupakan pembekalan kepada mahasiswa baru Universitas Bakrie yang digelar di Ruang Oval, Epiwalk, Jakarta hari ini.

Universitas Bakrie Ajak Pemuda Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan

Rektor Universitas Bakrie, Sofia W. Alisjahbana dalam sambutannya menekankan, pada era revolusi industri 4.0 yang akan datang semua kegiatan akan dilakukan dengan teknologi digital. Maka kreatifitas merupakan hal yang tidak bisa tergantikan oleh mesin. 

“Kreatifitas juga menjadi kunci dari kemandirian karena nantinya diharapkan akan makin banyak muncul para wirausahawan muda yang dapat membantu memecahkan masalah Sumber Daya Manusia di masa depan. Melalui kreatifitas juga akan tercipta inovasi-inovasi baru di berbagai bidang yang akan bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya. 

Komitmen Universitas Bakrie Terhadap Net Zero Emission

Sementara kunci utama dari UB’s Week ini adalah memberikan penanaman nilai kreatifitas secara lengkap kepada mahasiswa baru agar mampu dikembangkan semasa kuliah hingga lulus. Selain memperkenalkan kehidupan baru sebagai mahasiswa seperti pengenalan manajemen kampus, organisasi mahasiswa, fasilitas kampus, unit-unit kegiatan mahasiswa dan lingkungan sekitar kampus dan memberikan rasa kepercayaan kepada orangtua tidak ada praktek bullying dalam proses orientasi tersebut. 

Ketua Board of Trustees Indonesian Diaspora Network Global, Dino Patti Djalal yang dihadirkan sebagai narasumber memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru UB angkatan 2018. Dengan memaparkan positioning Indonesia di mata internasional termasuk kekuatannya, kelemahan dan kesiapan dalam berkompetisi global. 

Dookatif, Startup Pendidikan Ciptaan Mahasiswa Universitas Bakrie

Kemudian, masuknya era revolusi industri 4.0 dan peluang serta tantangannya bagi generasi muda Indonesia, dan bahwa memiliki ilmu pengetahuan yang didukung oleh semangat dan jiwa kreatif merupakan salah satu langkah awal untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 Sehingga kreatifitas menurut Dino, akan memberikan kesempatan untuk menjadi generasi yang mandiri, mampu menciptakan lapangan kerja sendiri dan menciptakan inovasi-inovasi yang dibutuhkan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Yayasan Pendidikan Bakrie, Ratna Indira Nirwan Bakrie menyematkan kartu tanda mahasiswa kepada kedua orang perwakilan mahasiswa baru dari Fakultas Ekonomi Ilmu Sosial dan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer. 

Program Studi yang dimiliki oleh Universitas Bakrie terdiri dari 10 Program Studi S1 dan 1 Program Studi S2 yaitu Magister Manajemen (MM). Adapun 10 Program Studi S1 yang dimiliki UB adalah : Manajemen, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik : Hubungan Internasional dan Kebijakan Publik, Informatika, Sistim Informasi, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Ilmu dan Teknologi Pangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya