Ridwan Kamil Buat Desain Masjid Terapung di Bogor

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) bersama Wali Kota Bogor Bima Arya.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan desain arsitektur masjid di Kota Bogor pada Sabtu pekan lalu. Desain itu dibuat setelah Wali Kota Bogor Bima Arya memintanya untuk langsung membuat desainnya. 

Unik! Pemandangan Sholat Jumat di Masjid Terapung Kalteng, Jemaah Bawa Perahu Masing-masing

"Alhamdulillah direspon Kang Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil) yang mendapat ilham dan langsung digambarkan konsepnya. Nanti Kota Bogor akan memiliki masjid terapung yang didesain langsung oleh Kang Emil,” kata Bima Arya melalui keterangan tertulisnya pada Senin, 17 September 2018.

Kedatangan Ridwan Kamil pada Sabtu pekan lalu itu untuk menghadari World Cleanup Day. Usai salat Subuh bersama di Masjid Raya Kota Bogor, Bima menyampaikan mengenai perkembangan pembangunan wilayahnya kepada Gubernur.

FOTO: Indahnya Suasana Malam Masjid Terapung Jeddah

Ridwan Kamil tampak menunjukkan sebuah desain gambar yang masih berupa coretan tangannya di atas secarik kertas kepada Bima Arya. Masjid terapung itu akan dibangun di atas Setu Gede, Bogor Barat.

Ridwan Kamil menjelaskan, gambar rancangannya terilhami bunga teratai, sehingga masjidnya kelak dibangun pula di atas permukaan itu. "Insya allah ini masjid pertama di dunia yang terlihami dari bunga teratai,” ujarnya.

Viral Warga Protes Salat di Masjid Terapung Samudera Ilahi Bayar

Mengenai sumber dana, Sekretaris Daerah Ade Sarip berseloroh bahwa pembangunan masjid terapung akan cepat terwujud jika mendapatkan dukungan anggaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, karena Kota Bogor hanya menyediakan lahan.

Ridwan Kamil dalam kunjungannya ke Kota Bogor juga sekalian memberitahukan kepada Bima Arya bahwa Pemerintah Provinsi akan memberikan sejumlah bantuan hibah pembangunan yang nilainya cukup fantastis. Di antaranya, untuk pembangunan ruang terbuka hijau senilai Rp15 miliar, bantuan pembangunan dua flyover, gedung creative center, bus pariwisata, dan membuka destinasi wisata baru senilai Rp40 miliar. (mus)

Mayor Teddy dan Kompol Syarif Muhammad Fitriansyah

Top Trending: Potret Pertemanan Mayor Teddy dan Kompol Syarif hingga Lagu 'Oke Gas' Diputar Nasdem

VIVA menyuguhkan banyak berita dengan topik yang sukses menyita perhatian pembaca hingga bertengger sebagai berita terpopuler. Berikut Top Trending Sabtu, 3 Februari 2024

img_title
VIVA.co.id
4 Februari 2024