FOTO: Indahnya Suasana Malam Masjid Terapung Jeddah

Suasana Malam di Masjid Terapung Jeddah
Sumber :
  • MCH 2023

JEDDAH – Salah satu simbol Jeddah yang paling khas adalah Masjid Terapung. Dibangun pada tahun 1985 di atas permukaan air, dengan pondasi ditanam di bawah permukaan laut. Masjid ini, juga dikenal dengan nama "Masjid Al-Rahmah."

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Tim Media Center Haji (MCH) 2023 sempat menyambangi masjid ini saat ikut bagian dari Petugas Penyelenggara Haji (PPIH) Arab Saudi. Selesai bertugas dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah menyambut para jemaah haji yang mendarat di bandara, kami menyempatkan diri mampir ke Masjid Terapung. Dari Bandara International King Abdul Aziz, Jeddah, hanya sekitar 15 menit saja kami tiba di masjid cantik tersebut.

Dari kejauhan, Masjid Terapung tampak disinari lampu kuning. Suasana di sekitarnya begitu tenang. Tampak beberapa warga sekitar duduk santai di pinggir pantai Masjid Terapung. Ada juga yang memilih santai duduk di atas rumput di sekitar masjid. Indahnya Masjid Terpung di malam hari juga makin cantik dengan latar belakang lampu gedung-gedung menjulang tinggi terpancar.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Suasana Malam di Masjid Terapung Jeddah

Photo :
  • MCH 2023

Dikutip laman Visit Saudi, di siang hari, masjid ini ditandai dengan warna putihnya yang cerah dan kubahnya yang berwarna biru kehijauan yang melukiskan pemandangan yang indah terutama ketika matahari bersinar di atasnya untuk mencerminkan keindahan arsitektur yang dipadukan dengan seni konstruktif Islam dan tradisional. 

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

Keindahan masjid tidak terbatas pada konstruksinya, tetapi juga dilengkapi dengan teknologi suara dan pencahayaan canggih, untuk melengkapi elemen yang membedakannya dari yang lain dengan ketenangan dan keindahan yang luar biasa.

Shalat Lima Waktu

Arsitektur masjid terapung, Jeddah

Photo :
  • MCH 2023

Kunjungi Masjid Terapung di antara shalat lima waktu, karena itu adalah momen terbaik untuk merenungkan keindahannya dan menikmati ketenangannya. 

Masjid ini buka 24 jam sehari. Sehingga, jangan lewatkan menyaksikan matahari terbit atau terbenam di masjid ini. Saat masjid disinari matahari, akan tampak seperti lukisan. Menikmati indahnya masjid ini ditemani suara ombak laut akan terasa menenangkan. 

Arsitektur

Arsitektur masjid terapung

Photo :
  • MCH 2023

Bukan hanya tampak indah dari luar, Masjid Terapung ini juga memiliki arsitektur bagian dalam yang indah. Saat memasuki masjid, tampak gaya arsitektur modern dan inovatif. Tak cuma itu, siapapun yang masuk ke dalamnya, akan terpesona oleh dekorasi prasasti di langit-langit dan jendela kaca besar yang memperlihatkan pemandangan laut. 

Arsitektur masjid terapung, Jeddah

Photo :
  • Visit Saudi

Masjid ini juga terkenal dengan kubah pirusnya yang dihiasi dengan lampu gantung besar yang ditinggikan oleh 8 pilar. Masjid ini memiliki ruang sholat untuk wanita yang dirancang dengan kayu, dan di bagian luarnya, ada ruang besar berlantai marmer yang dinaungi kubah kecil untuk menghalangi panasnya matahari.

Masjid Terapung, Jeddah

Photo :
  • MCH 2023

Dekat Landmark 

Suasana Malam di Masjid Terapung Jeddah

Photo :
  • MCH 2023

Dari sisi utara masjid dan di tengah suasana pantai yang indah terdapat area restoran dan kafe yang tenang. Para jemaah ataupun wisatawan yang dapat ke tempat ini bisa melakukan beberapa kegiatan santai seperti berjalan kaki, joging, dan bermain layang-layang di dekat pantai hingga bersepeda.

Karena masjid ini terletak di salah satu pantai Jeddah, jaraknya hanya beberapa menit dari landmark terpenting di kota Jeddah. Jeddah Yacht Club hanya berjarak 7 menit berjalan kaki, sedangkan Jeddah Art Promenade, salah satu kawasan hiburan terbaru di Jeddah berjarak 12 menit dengan mobil, dan Jeddah Waterfront berjarak hanya 16 menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya