5 Masjid Terapung di Indonesia, Cocok Dijadikan Tempat Wisata Religi

Masjid Al Alam
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Masjid terapung yang ada di Indonesia bukan hanya sekadar menjadi tempat ibadah umat Islam saja, tapi bisa juga dimanfaatkan sebagai sarana wisata religi. Selain akan mendapatkan suasana yang berbeda, kamu juga dapat memahami nilai-nilai sejarah sambil mengagumi keindahan arsitektur dari bangunan masjid tersebut. Bangunan yang biasanya berdiri di atas air ini terlihat seolah-olah tengah terapung. 

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Dan tahukah kamu bahwa Indonesia mempunyai berbagai masjid dengan arsitektur yang indah dan menawan. Bahkan, Indonesia juga memiliki masjid dengan arsitektur yang sangat mirip dengan masjid yang ada di kota Jeddah, Arab Saudi yaitu Masjid Ar-Rahman yang dikenal juga dengan masjid terapung. Nah, menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan tentang masjid terapung di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata religi. 

1. Masjid Terapung Arkam Babu Rahman

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

Masjid terapung Arkam Babu Rahman di Palu

Photo :
  • Antara/ Fiqman Sunandar

Masjid terapung yang pertama untuk dikunjungi adalah Masjid Arkam Babu Rahman yang terletak di Palu. Masjid ini berada di sekitar Pantai Talise, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Masjid ini mengusung arsitektur bangunan yang indah dan mampu membuat siapa saja terpesona dengan keindahannya. 

Resmikan Masjidnya di Uganda, Ivan Gunawan Potong Sapi hingga Bagi-bagi Hijab, THR dan Alquran

Menariknya, kubah masjid ini dapat memancarkan cahaya dengan tujuh warna yang sangat menakjubkan. Ketujuh warna cantik yang berganti setiap detik ini adalah merah jingga, hijau, ungu, biru, pink, dan putih. Lantaran keindahannya itu, masjid Arkam Babu Rahman dikenal sebagai ikon kota Palu. 

2. Masjid Terapung Amirul Mukminin

Masjid Amirul Mukminin, Makassar.

Photo :
  • U-Report

Selain Palu, Makassar juga mempunyai masjid terapung kebanggaan masyarakat sebagai sebuah tempat wisata religi. Masjid yang terletak di pesisir Pantai Losari ini dinamakan sebagai Amirul Mukminin. Biasanya para pengunjung akan menikmati suasana keindahan masjid ini dengan bersantai dan mengambil foto di area masjid. 

Bangunannya sendiri terdiri atas tiga lantai, dua lantai dipakai sebagai tempat sholat. Sementara untuk lantai dasar dipakai tempat rekreasi untuk melihat keindahan sunset di area pantai sekaligus sebagai tempat melihat hilal saat penentuan awal Ramadhan. Para pengunjung yang akan singgah ke masjid ini disarankan untuk makan terlebih dahulu karena tidak ada warung. 

3. Masjid Terapung Al Jabbar

Masjid Agung Al-Jabbar

Photo :
  • https://factsofindonesia.com/

Masjid Raya Al Jabbar ini berada di Bandung, Jawa Barat, tepatnya di kawasan Gedebage. Masjid ini sudah dibangun sejak tahun 2017-2018. Perancang desain masjid ini adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Nama tersebut dipilih karena menjadi salah satu dari 99 Asmaul Husna. Nama ini mempunyai arti Maha Gaga, Maha Kuasa. 

Masjid ini bisa menampung 60 ribu jemaah, yang terbagi atas 33 ribu jemahaan di dalam masjid dan sisanya di area plaza. Kemudian di lantai dasar masjid akan ada museum sejarah Nabi Muhammad SAW yang akan melengkapi paket wisata religi. Masjid ini diperkaya dengan penginapan, perpustakaan, dan ruang pertemuan, terutama untuk keagamaan. 

4. Masjid Terapung Al Munawaroh

Masjid Terapung Al Munawaroh

Photo :
  • Tangkapan Layar

Masjid terapung selanjutnya yang ada di Indonesia adalah Al Munawaroh yang berada di Ternate, Maluku Utara. Masjid ini berada di sekitar bibir pantai Kota Ternate dan mulai dibangun oleh pemerintah setempat sejak tahun 2003 silam dan mulai dipakai sejak tahun 2010. Selain letaknya yang unik, Masjid Al Munawaroh juga mempunyai arsitektur yang megah. 

Masjid ini dilengkapi dengan empat menara dengan tinggi mencapai 44 meter yang menghiasi sudut masjid. Dua di antara menara ini dibangun tinggi menjulang dari dasar laut. Sementara untuk kubahnya dihiasi dengan warna kuning dan hijau yang berpadu dengan bangunan berwarna putih, hijau, dan kuning. Masjid ini mampu menampung hingga 15 ribu jemaah. 

5. Masjid Terapung Al Alam

Masjid Al Alam

Photo :
  • Tangkapan Layar

Al Alam adalah salah satu masjid terapung terbaru di Indonesia lantaran baru selesai dibangun sejak tahun 2018. Berada di tengah Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara, Al Alam menjadi lebih terkenal lantaran pernah menjadi tempat untuk acara Hari Puncak Pers Nasional 2022 Februari lalu.

Menempati lahan yang mencapai 12.692 meter persegi, masjid ini tampak megah dengan tiga menara yang terletak di sisi masjid. Ditambah lagi dengan kubah berwarna emas yang membuat Al Alam semakin tampak mencolok. Sementara bagian dalamnya mengusung warna hijau dan putih yang sangat indah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya