Pawai HUT TNI Bikin Heboh Car Free Day di Malioboro Yogya

Pawai HUT TNI
Sumber :
  • VIVA/Dedy Priatmojo

VIVA – Pawai Bendera atau flag relay dalam rangka hari ulang tahun (HUT) TNI ke-73 mengakhiri turnya di Pulau Sumatera. Palembang menjadi kota terakhir di Sumatera yang disinggahi tim pawai dari Mabes TNI.

Alutsista Depan Istana, Hasto: Berdikari di Bidang Pertahanan Menguat

Pawai bendera merah putih yang dibawa prajurit TNI berprestasi di Asian Games 2018 itu memulai start-nya di Tugu Kilometer Nol Sabang, dilanjut Banda Aceh, Pekanbaru dan Palembang. Nantinya akan finish di Merauke.

Sementara hari ini, Minggu, 30 September 2018, pawai akan singgah ke dua kota di Pulau Jawa, Yogyakarta dan Surabaya. Pawai akan berkeliling kota Yogyakarta pada Minggu pagi, dilanjut siang hingga sore di Surabaya.

Ratusan Polisi Hormat kepada Panglima TNI di Sepanjang Jalan Sudirman

Pantauan VIVA, pawai bendera ini tiba di Lanud Adisutjipto Yogyakarta sekira pukul 7.45 Wib. Rombongan pawai bendera disambut tarian Sekar Pudyastuti UGM. Pawai diterima Danlanud Adisutjipto, Kapolda DIY dan Danlanal.

Atraksi jet tempur T50 Golden Eagle sempat mengejutkan rombongan sebelum landing di Yogyakarta. Jet tempur TNI AU itu mengawal pesawat Boeing 737 yang membawa rombongan  saat  berada di wilayah udara Yogyakarta.

HUT ke-76, Kapolri: Sinergitas TNI-Polri Mutlak sebagai Kekuatan

Pawai di Yogyakarta sendiri melintasi sejumlah jalan protokol dan pawai diarak oleh prajurit TNI Polri dan prajurit keraton dengan berjalan kaki dari Gedung DPRD di Jalan Malioboro menuju Balai Agung Yogyakarta.

Kedatangan pawai HUT TNI ini semakin menambah kemeriahan kegiatan car free day yang ada di kawasan Malioboro. Warga dan wisatawan antusias menyaksikan gelaran itu, sesekali mengambil gambar iring-iringan pawai yang melintas di jalan legendaris Yogyakarta itu.

Selama melintasi Malioboro, pawai bendera dibawa secara estafet oleh Danrem Yogyakarta Brigjen TNI M Zamroni, kemudian dari Danrem ke Kapolda DIY Brigjen A Dofiri, lanjut ke Danlanal Kolonel LautArya, Dandim 0734 Letkol Bram, lanjut ke Kapolresta Yogyakarta Kombes Armain dan terakhir kepada Danlanud Adisutjipto Marsma.

Untuk selanjutnya pawai bendera akan melanjutkan perjalanan menuju Surabaya.

Dalam keterangan Puspen TNI, pawai bendera ini hadir di sejumlah kota bertujuan untuk membangkitkan jiwa nasionalisme dan menunjukan bahwa tidak ada pemisah antara TNI dan rakyat.

"Karena pawai bendera ini diikuti bersama TNI-Polri bersama masyarakat," tulis Puspen TNI.

Pawai Bendera telah dimulai sejak Jumat 28 September 2018 dengan titik start titik Nol Kilometer Pulau Sabang dan akan finish di Merauke pada tanggal 4 Oktober 2018. 

Bendera Merah Putih yang telah doarak keliling Indonesia itu nantinya akan dikibarkan pada saat puncak peringatan HUT TNI ke-73, yang akan dipusatkan di Merauke, Papua. 

Direncanakan, Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto akan bertindak sebagai inspektur upacara. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya