Gubernur Sulsel Bantu Anak-anak Korban Gempa Palu Rp1 Miliar

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (tengah)
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Yasir

VIVA – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengunjungi anak-anak korban gempa dan tsunami Donggala-Palu-Sigi di Akar Panrita Mamminasata Elementary School atau Sekolah Dasar di Jalan Raya Baruga, Antang, Makassar.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Nurdin Abdullah terlihat menyempatkan diri bermain bersama anak tersebut memberikan hiburan, serta mengurangi trauma mendalam yang dialami akibat peristiwa gempa.

Dalam kesempatan itu, Nurdin juga menyerahkan bantuan uang tunai Rp1 miliar untuk anak-anak korban gempa tersebut. Uang dalam koper tersebut diserahkan Nurdin ke koordinator pengungsian anak-anak tersebut.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Nurdin meminta koordinator pengungsian membuatkan buku tabungan bagi anak-anak tersebut. Tiap anak rencananya akan diberi masing-masing Rp10 juta per tabungan.

"Jangan bersedih, kita mesti sabar. Semoga ada yang terbaik untuk kita. Mari kita berdoa, semoga yang belum bertemu dengan orangtuanya, bisa segera bertemu dan masih hidup," imbau Nurdin kepada anak-anak.

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang

Sementara itu, koordinator pengungsi, Yanti, menyampaikan, sebagian dari anak-anak tersebut belum menemukan orang tua pascagempa. Beruntung, beberapa dari mereka memiliki paman dan bibi di Makassar.

"Mereka belum ketemu orangtuanya. Kami selalu berupaya mengajak mereka bermain supaya mereka tetap bahagia dan tidak bersedih," kata Yanti.

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi terjadinya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulut

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024