Cerita PUPR Evakuasi Lima Korban Selamat di Petobo

Pencarian warga di Kampung Petobo, Palu, yang tertimbun lumpur.
Sumber :
  • TNI AD

VIVA – Sekretaris Ditjen Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Rina Agustin Indriani mengatakan, tim penanggulangan bencana dari kementeriannya menemukan lima orang korban selamat di Kelurahan Petobo, Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Menurut Rina, pihaknya mengerahkan beberapa alat berat untuk melakukan evakuasi dan rehabilitasi pasca gempa dan tsunami di Donggala dan Palu.

"Telah dimobilisiasi 14 unit eskavator untuk Balaroa, Sigi dan Petobo. Eskavator baru datang dari Makassar kemarin," kata Rina saat konferensi pers di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Jumat 5 Oktober 2018.

Sri Mulyani Ungkap 'Kontraksi Dalam' Belanja Modal Januari 2022

Rina menambahkan, evakuasi di beberapa daerah dilakukan bersama tim dari TNI, Basarnas dan PMI.

"Untuk kejadian di Petobo sudah dievakuasi. Ada lima orang ditemukan hidup dan 81 orang meninggal dunia," bebernya.

Daftar 12 Ruas Jalan Tol Baru yang Diresmikan 2021

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengakui bahwa Petobo merupakan daerah yang sulit untuk dievakuasi. Kondisi tanah membuat tim sulit melakukan proses evakuasi.

"Untuk Petobo memang akses evakuasi tim menemukan kendala. Namun kami terus berupaya menemukan korban di sana," kata Sutopo.

Pembangunan hunian tetap (huntap) yang dibangun Kementerian PUPR.

Kebut Pembangunan Pasca Gempa-Tsunami di Sulteng, Lebih 5 Ribu Huntap Disiapkan

Hunian tetap atau huntap salah satu upaya pemulihan kerusakan infrastruktur pascabencana gempa bumi dan tsunami, di Sulawesi Tengah pada 28 September 2018 lalu.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2023