Ketua Umum PBNU: Banser Tidak Akan Bubar Sampai Kiamat

Apel Kebangsaan Banser NU.
Apel Kebangsaan Banser NU.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Said Aqil Siroj, menegaskan bahwa organisasi Barisan Ansor Serba Guna atau Banser tidak akan dibubarkan sampai kapan pun.

Hal itu menanggapi desakan dari sejumlah pihak yang meminta Banser dibubarkan lantaran membakar bendera berlafaz Tauhid karena dianggap mirip simbol Hizbut Tahrir Indonesia. 

"Tidak akan bubar sampai kiamat," kata Said di kantor PBNU, Jakarta, Kamis 25 Oktober 2018.

Said mengatakan, desakan untuk membubarkan Banser hal yang biasa di alam demokrasi. Ia pun menyebut, pembakaran yang dilakukan organsiasi sayap NU itu jangan terus dijadikan momentum memperkeruh suasana.

“NU akan selalu komitmen dengan empat pilar. Nasionalisme, Pancasila, tidak akan bergeser sedikit pun. Dan kami menolak kekerasan, radikalisme, apalagi terorisme atau kelompok yang tujuannya adalah teror dan radikal,” tegasnya.

Sebelumnya, aksi protes terhadap tiga anggota Banser membakar bendera berlafaz tauhid memicu juga pembubaran terhadap organisasi.

Desakan itu disampaikan melalui petisi lewat salah seorang warga melalui situs change.org. Warganet yang memulai petisi ini menyayangkan kelakuan oknum Banser di tengah fokus penanganan gempa Lombok, NTB dan Sulawesi Tengah.