Bocah Korban Longsor di Nias Selatan Berhasil Dievakuasi

Evakuasi korban longsor di Nias Selatan, Sumatera Utara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Putra Nasution (Medan)

VIVA – Tim SAR gabungan berhasil menemukan satu jenazah korban tanah longsor di Dusun Dua, Desa Sukamajumohili, Kecamatan Gomo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Korban bermana Putri Hulu (5) ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Banjir dan Tanah Longsor Terjang Sulsel, 8 Warga Meninggal Dunia

"Lokasi penemuan dua kilometer dari lokasi terjadinya longsor, tepatnya berada di kawasan Sungai Faye. Korban ditemukan Senin petang, 12 November 2018, sekira pukul 17.30 WIB," ujar Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Basarnas Nias Tonggor Gultom kepada wartawan, Selasa pagi, 13 November 2018. 

Untuk mengevakuasi jasad korban, tim gabungan dari SAR, TNI dan Polri harus melalui medan yang terjal dan licin. Sebab, lokasi penemuan korban berada di tanah berlumpur. Setelah diidentifikasi, jasad itu diketahui bernama Putri Hulu. "Untuk proses pencarian korban lainnya akan kita lanjutkan hari ini," ujar Tonggor.

PKB Dorong Edy Rahmayadi Kembali Maju di Pilgub Sumut 2024

Hingga saat ini, pembersihan material longsor dilakukan dengan cara manual. Akses yang cukup berat menuju lokasi membuat alat berat belum bisa masuk. Tim juga harus berhadapan dengan cuaca buruk. "Di sini hujan terus. Kami takut ada longsor susulan," ujar Tonggor.

Longsor terjadi Sabtu pagi, 10 November 2018, sekitar pukul 09.00 WIB. Korban terdiri 7 orang yang masih satu keluarga. rumah mereka tertimbun material longsor.

Peringati Hardiknas 2024, Ini Pesan Pj Gubernur Sumut

Korban yang berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia bernama Kristofen Hulu (4) dan Putri Hulu (5). Sedangkan korban yang masih hilang antara lain, Aristina Laia ina Elsa (33), Dalman Hulu (7), Setiamas Hulu ina Putri (30), Rei jaya Hulu (3) dan Noverman Hulu (2). (ase)

Banjir dan Longsor Hantam Luwu, 1.200 Warga Mengungsi, 7 Orang Tewas dan 15 Rumah Hanyut

1.200 Warga Mengungsi, 7 Tewas dan 15 Rumah Hanyut Akibat Banjir dan Longsor Hantam Luwu

Banjir bandang dan longsor menghantam Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Jumat 3 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024