KPK Disebut Sinting, Saut Situmorang Sebut Fahri Hamzah Orang Baik

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Sitomorang merespons santai pendapat Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah yang menyebut orang-orang KPK frustrasi dan sinting, karena menyatakan dapat melakukan operasi tangkap tangan setiap hari. 

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Menurut Saut, apa yang disampaikan Fahri sebenarnya adalah harapan yang bagus, yakni lembaga antirasuah sukses memperkecil angka korupsi di Tanah Air. 

"Jadi kalau Pak Fahri menyampaikan itu, itu harapan dia sebenarnya. Harapan dia besar. Orang itu (Fahri Hamzah) baik kok, saya tahu dia," kata Saut saat ditanya awak media di sela festival lagu suara antikorupsi di Plaza Festival, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 30 November 2018. 

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

Meski begitu, Saut menepis pihaknya frustrasi lantaran rasuah semakin marak dan banyak kepala daerah, serta kader partai politik ditangkap. 

Menurut Saut, untuk itu orang-orang institusi digaji oleh negara. "Di KPK tidak ada orang sinting dan enggak pernah frustrasi kita. Kan kami digaji untuk mencari orang-orang jahat yang mengambil uang negara," ujar Saut. 

MAKI Minta KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Kapal Tongkang

Lantaran itu, kata Saut, pihaknya akan jalan terus memberangus korupsi, sekaligus membantu pemerintah, lembaga serta partai politik untuk membangun sistem yang lebih baik. 

"Jadi KPK tidak akan terganggu dengan kayak gitu, kami tetap bekerja karena memang kami digaji untuk tangkapi orang jahat," kata Saut.

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024