Menantu Luhut Pandjaitan Resmi Jabat Komandan Paspampres

Sertijab Danpaspampres dari Mayjen Suhartono ke Brigjen Maruli Simanjuntak
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspamres) dari Mayjen TNI (Mar) Suhartono kepada Brigjen TNI Maruli Simanjuntak, di Lapangan Mako Paspampres, Tanah Abang, Jakarta Pusat,  Rabu, 19 Desember 2018.

Mulai Hari Ini, Prabowo Subianto Bakal Dikawal Paspampres

Dengan Sertijab ini, Brigjen Maruli, yang merupakan menantu dari Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan, telah resmi menjabat sebagai orang nomor satu di Korps Baret Biru itu.

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan Sertijab ini menandai regenerasi kepemimpinan, yang tidak hanya merupakan bagian dari pembinaan organisasi tetapi juga pembinaan personel.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

"Diharapkan dengan pembinaan tersebut, kualitas dan kapasitas personel serta satuan semakin meningkat. Kita harus menyadari bahwa peningkatan tersebut sangat dibutuhkan dalam rangka melaksanakan tugas, terutama menghadapi spektrum ancaman yang semakin kompleks," katanya.

Menurut Panglima, tugas pokok Paspampres sangat menantang, yaitu melaksanakan pengamanan secara fisik langsung, jarak dekat dan setiap saat kepada Presiden RI, Wakil Presiden RI dan mantan Presiden serta Wakil Presiden RI beserta keluarganya.

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

"Demikian pula harus memberikan perlindungan kepada Tamu Negara setingkat Kepala Negara, atau Kepala Pemerintahan beserta keluarganya, obyek VVIP, serta tugas-tugas protokoler khusus kenegaraan," ucap Panglima TNI.

Selanjutnya, Panglima TNI mengatakan bahwa tantangan tugas sebagai Paspampres selain menjamin keamanan VVIP secara profesional, juga harus menunjukkan standar kemampuan, sehingga dapat membangun profil Paspampres yang disegani.  

"Kemampuan ini menunjukkan profesionalitas dan keberhasilan dalam setiap pengamanan VVIP, dengan sendirinya mencerminkan kewibawaan negara di mata dunia," tuturnya.

Sertijab Danpaspampres dari Mayjen Suhartono ke Brigjen Maruli Simanjuntak

Mantan KSAU itu mengingatkan anggota Paspampres dituntut dalam setiap langkah dan tindakannya memiliki nilai-nilai multidimensional. Paspampres adalah perisai sekaligus etalase simbol negara dan simbol pemerintahan.

"Dibalik kesiapsiagaan dan kewaspadaan setiap saat saudara-saudara dituntut untuk menampilkan tata krama, sopan santun, ramah, sekaligus tegas dan tidak ragu-ragu bertindak jika diperlukan," tegasnya.

Sebelumnya, Brigjen TNI Maruli Simanjuntak yang diangkat sebagai Komandan Paspampres menggantikan Mayjen (Mar) Suhartono yang dipromosikan sebagai Komandan Korps Marinir.

Brigjen Maruli Simanjuntak sebelumnya menjabat Kepala Staf Kodam IV/Diponegoro dan pernah menjabat Wadan Paspampres. Sedangkan jabatan Kasdam IV/Diponegoro akan dijabat seniornya di Kopassus, Brigjen Teguh Muji Angkasa. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya