Penyu-penyu Raksasa Terdampar Akibat Tsunami Selat Sunda

Tim Basarnas bersama warga mengevakuasi penyu yang terdampar akibat terjangan tsunami yang melanda Selat Sunda.
Sumber :
  • Basarnas

VIVA – Tidak hanya manusia saja yang merasakan dampak dari tsunami yang menerjang Selat Sunda beberapa waktu lalu. Ternyata, sejumlah biota laut di daerah partai yang disapu gelombang tsunami juga tidak luput dari terjangan gelombang.

Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Karena itu, selain menyelamatkan manusia, tim Basarnas dan relawan juga mengevakuasi penyu yang terdampar. Hingga kini, penyu berukuran besar kerap ditemukan berada di daratan.

Gempa Bumi 6,5 SR Guncang Garut, Terasa Hingga Jabodetabek

Karena itu, saat menemukan hewan laut yang terdampar, tim Basarnas langsung melakukan evakuasi dan mengembalikan hewan-hewan laut ini kehabitatnya.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Dari data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, diketahui ada empat penyu berukuran besar di daerah Kalianda yang sudah dilepasliarkan oleh tim gabungan yang terdiri dari BKSDA Bengkulu Lampung, Tim Rescue Vertical Indonesia, @BNPB_Indonesia, Pramuka Peduli, dan tim relawan.

Sementara itu, di titik yang lain tim gabungan dari Tim Karantina Cilegon dan Karantina Ikan juga membantu mengevakuasi penyu-penyu yang terdampar. Pelepasliaran sendiri dilaksanakan di Pantai Perak.

Saat ini, tim gabungan terus melakukan pencarian terhadap satwa yang terdampar akibat dampak tsunami. Apabila masyarakat melihat/ menemukan penyu yang terdampar agar menghubungi Basarnas, relawan atau menginformasikan melalui @bksda_bengkulu dan @tnujungkulon. (oya)

Tol Trans Jawa baru saja diresmikan. VIVA.co.id dapat kesempatan langka disetirin Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, saat cek kesiapan tol baru itu. Lihat wawancara eksklusifnya hanya di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya