BMKG Malang Minta Wisatawan Waspada Gelombang Tinggi

Pantai Goa China di Malang.
Sumber :
  • http://www.direktori-wisata.com

VIVA –  Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  Karangkates, Malang, Musripan meminta wisatawan yang berlibur di sepanjang pantai selatan Malang untuk mewaspadai datangnya gelombang tinggi. Ketinggian gelombang tinggi diprediksi hingga 3 meter.

Detik-detik Evakuasi Ibu Hamil yang Terjebak Banjir di Malang

"Diprediksi angin kencang dan gelombang tinggi terjadi di Pantai Selatan Malang. Ketinggian gelombang antara 1,5 meter hingga 3 meter. Wisatawan tetap waspada tapi tidak usah panik ketika ada gelombang tinggi," kata Musripan, Senin, 31 Desember 2018.

Selain itu, Musripan mengatakan, potensi tsunami di Selatan Malang dapat dilihat dari aktivitas gempa tektonik. Jika terjadi gempa tektonik dengan kekuatan 7 Skala Richter wisatawan diminta segera menjauh dari bibir pantai. Meski sedang kamping, wisatawan diharapkan mengutamakan keselamatan nyawa.

Tembok Pembatas Sungai Jebol, Warga Teluk Bayur Malang Terjebak Banjir

"Tidak akan terjadi tsunami secara tiba-tiba seperti di selat Sunda, Banten beberapa hari lalu. Ada potensi tsunami kalau ada gempa 7 SR. Indikasinya, kalau terjadi gempa kuat mau berdiri susah, terus lihat rumah ada yang roboh langsung tinggalkan bibir pantai," ujar Musripan.

Musripan menyebut ada jarak waktu selama 30 menit bagi wisatawan untuk menyelamatkan diri dari ancaman tsunami. Biasanya tsunami diawali dengan gempa tektonik sebesar 7 Skala Richter, setelah gempa 30 menit kemudian disusul tsunami. Pihaknya berharap wisatawan yang merayakan malam pergantian tahun di pantai untuk selalu waspada.

Diterjang Banjir, Pengunjung Kafe Berhamburan Selamatkan Motor

"Tsunami diawali terjadi gempa tektonik, masyarakat yang berlibur di pantai selatan untuk waspada tidak perlu panik. Ada jeda waktu antara gempa tektonik dan tsunami hampir 30 menit jadi masih bisa menyelamatkan diri," tutur Musripan. 

Banjir di Desa Mangliawan, Pakis, Kabupaten Malang, Jatim.

Puluhan Rumah di Malang Raya Terendam Banjir

Pemkab Malang melalui perangkat desa setempat langsung melakukan pendataan korban banjir. Setelah itu kebutuhan para korban banjir akan dikirim.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022