KPK Periksa 3 Saksi untuk Tersangka Sekjen KONI

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi mengagendakan pemeriksaan terhadap tiga saksi atas kasus dugaan suap penyaluran dana bantuan atau hibah dari Kemenpora kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) tahun anggaran 2018.

Ketum KONI Minta Panitia Besar PON 2024 Segera Dibentuk

Ketiga saksi tersebut yakni staf bagian perencanaan KONI, Twisyono, staf bidang perencanaan KONI, Suradi, dan staf Kemenpora, Miftahul Ulum. Mereka akan diperiksa untuk tersangka Sekjen KONI, Ending Fuad Hamidi.

"Mereka bertiga akan diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi untuk tersangka EFH," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah melalui pesan singkat, Kamis, 3 Januari 2019.

Ketum KONI Pusat Bangga Merah Putih Berkibar di BATC 2022

Pada kasus ini KPK telah menjerat 5 tersangka. Mereka yakni Sekretaris Jenderal KONI, Ending Fuad Hamidi, Bendahara Umum (Bendum) KONI, Jhonny E. Awut, Deputi IV Kementerian Pemuda dan Olahraga, Mulyana, Pejabat Pembuat Komitmen pada Kemenpora, Adhi Purnomo, serta Staf Kemenpora, Eko Triyanto.

Diduga Adhi Purnomo dan Eko Triyanto menerima suap sejumlah Rp318 juta dari pejabat KONI atas hibah dari pemerintah untuk KONI yang disalurkan Kemenpora. Sementara Mulyana, diduga terima uang dalam bentuk ATM dengan saldo sebesar Rp100 juta.

Peran Strategis Perwosi Dalam Membangun Prestasi Olahraga Indonesia

Untuk diketahui, total dana hibah dari pemerintah untuk KONI sebesar Rp17,9 miliar. KPK menduga, ada pemberian suap lainnya untuk pejabat Kemenpora. Pemberian suap lain itu yakni berupa mobil Toyota Fortuner, uang senilai Rp300 juta, dan satu unit Samsung Galaxy Note 9. (mus)
 

Olahraga surfing/selancar ombak

Grand Final Liga Surfing Indonesia 2022 Diikuti 197 Atlet

Tuntasnya Grand Final LSI 2022 menjadi kebanggaan. Pasalnya, Grand Final ini adalah liga selancar ombak (surfing) pertama yang mewakili klub pertama di Asia.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022