Dalam Sehari, Gunung Anak Krakatau Meletus 37 Kali

Erupsi Gunung Anak Krakatau
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Badan Nasional Penanggulan Bencana atau BNPB mencatat, bahwa hampir setiap hari Gunung Anak Krakatau meletus, bahkan satu hari lalu sudah ada puluhan letusan, Kamis, 3 Januari 2019. 

Kisah Bencana Dekat Jakarta Bikin Dunia Gelap 2 Hari

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitternya, @Sutopo_PN, Jumat 4 Januari 2019. 

"Dari pukul 00.00 -24.00 WIB terjadi 37 kali letusan, 42 kali hembusan dan tremor menerus. Asap kawah bertekanan sedang-kuat, warna putih, kelabu dan hitam, intensitas tebal setinggi 2.000 meter dari puncak kawah," ujar Sutopo.

Gunung Anak Krakatau Erupsi Dua Kali, Ketinggian Abu Capai 1000 M

Sutopo juga melaporkan, hari ini telah terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau pukul 09:39 WIB. Tinggi kolom abu teramati kurang lebih 1.500 meter di atas puncak. Kolom abu putih hingga kelabu.

Ia menyebutkan, saat ini kondisi Gunung Anak Krakatau Status Level III (Siaga). Untuk itu, kepada masyarakat agar tidak mendekati lokasi gunung tersebut. 

27 Agustus: Palestina-Israel Mau Damai, hingga Letusan Gunung Krakatau

"Masyarakat atau wisatawan dilarang mendekati kawah dalam radius 5 KM dari kawah," ujarnya. (djo)

Gunung Vesuvius

5 Letusan Gunung Berapi Terbesar Dalam Sejarah Dunia, No 5 Azab Kaum Homoseksual

Letusan gunung berapi terbesar dalam sejarah dunia. Bencana alam memang sangat sulit diprediksi dari mulai gempa hingga letusan gunung berapi.

img_title
VIVA.co.id
6 Desember 2022