Doni Monardo Anggap Bencana Alam Ancaman Nonmiliter bagi Negara

Presiden Joko Widodo (kanan) menyalami Letjen TNI Doni Monardo usai melantiknya sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 9 Januari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letnan Jenderal TNI Doni Monardo menganggap bencana alam sebagai ancaman nonmiliter yang juga salah satu ancaman bagi negara.

Banjir Melanda Rusia, Lebih dari Sekitar 15.000 Rumah Terendam

Doni menjelaskan, ancaman militer berupa perang konvensional, sementara ancaman nonmiliter bermacam-macam, di antara meliputi geografi, demografi, dan sumber daya manusia. Indonesia menghadapi ancaman geografis karena diapit dua benua dan dua samudra.

“Patahan lempeng gunung api kita  jumlahnya ratusan, dan sebagian besar masih aktif, kemudian kita berada pada patahan lempeng yang setiap saat bergerak," katanya di Graha BNPB, Jakarta, Rabu, 9 Januari 2019.

5 Ramalan Jayabaya yang Terjadi di Tahun 2024, dari Bencana Alam hingga Situasi Politik

Doni mengajak masyarakat meningkatkan kepedulian bersama mengingat Indonesia berada di ring of fire. BNPB akan meningkatkan pelatihan sadar bencana kepada masyarakat hingga tingkat rukun warga atau RW.

Dia mau masyarakat bisa mencintai alam lebih baik lagi. Namun, untuk pengadaan alat guna mengantisipasi bencana, ia mengaku belum bisa menjawabnya sekarang.

Bukan Hanya Terbelah, Raja Jayabaya Juga Ramal Pulau Jawa Bakal Tenggelam

Presiden Joko Widodo melantik Doni Monardo Kepala BNPB di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu pagi, 9 Januari 2019. Doni menggantikan pejabat lama, Laksamana Muda (Purn) Willem Rampangile.

Karier Doni terbilang cukup baik. Pria kelahiran Cimahi, 10 Mei 1963 itu pernah menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden, Komandan Jenderal Kopassus, Panglima Kodam XVI/Pattimura, dan Panglima Kodam III/Siliwangi.

Jayabaya

Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Prabu Jayabaya adalah penguasa atau raja yang berasal dari Kerajaan Kediri di masa lalu. Ia sangat terkenal dengan berbagai ramalannya yang bahkan masih terjadi.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024