KPK: Kepatuhan Pejabat Laporkan Harta Kekayaan Menurun

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan (kiri) didampingi Plt Direktur LHKPN
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi memberikan kemudahan untuk Laporan Harta Kekayaannya Penyelenggara Negara (LHKPN) melalui sistem online di situs elhkpn.kpk.go.id.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Namun sayangnya, meski secara sistem telah dimudahkan, justru tingkat kepatuhan para pejabat negara melaporkan harta menurun di tahun 2018, bila dibandingkan tahun sebelumnya.

"Dulu zaman kertas rata-rata nasional 70 persen, tapi ini sudah elektornik malah 64,05 persen," ungkap Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan saat konferensi pers di kantornya, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 14 Januari 2019.

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

Menurut Pahala, tingkat kepatuhan ini juga dipengaruhi sejumlah faktor. Yang terpenting yakni instruksi masing-masing pimpinan instansi. Mulai dari tingkat kementerian, provinsi, kabupaten kota, fraksi partai, hingga Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Agung.

"Hampir 100 persen kepatuhan itu ditentukan kepala instansi. Itu KPK yakin sekali. Kemenkeu itu puluhan ribu, kalau menterinya bilang itu wajib dan tidak boleh orang promosi kalau enggak isi LHKPN, Itu selesai semua. Pada ngisi," kata Pahala.

MAKI Minta KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Kapal Tongkang

Sementara berdasarkan data, jumlah wajib lapor LHKPN per bidang untuk eksekutif ada 237.084 dari 642 instansi, legislatif 15.847 dari 483 instansi, yudikatif 22.518 dari 2 instansi, serta BUMN dan BUMD 25.213 dari 175 instansi.

"Nah yang sudah untuk Eksekutif 66,31 persen, Legislatif 39,42 persen, Yudikatif 48,05 persen, dan BUMN BUMD 85,01 persen," kata Pahala.

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024