Semarang dan Solo Bersatu, Hendi Anggap Rudy Sebagai Senior

Walikota Hendi dan FX Hadi Rudyatmo menandatangani MoU kerja sama
Sumber :

Upaya Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi untuk mengikat kerja sama strategis dengan seluruh kota dan kabupaten di Jawa Tengah terus dilakukan.

Upayakan Kesejahteraan Petani, Pemkot Semarang Launching Badan Usaha Milik Petani

Pemerintah Kota Surakarta pun menjadi pemerintah daerah ke-12 yang sepakat untuk bergerak bersama Pemerintah Kota Semarang dalam memajukan provinsi Jawa Tengah.

Adapun sebelum Surakarta, sebelas daerah telah berjabat tangan dengan Hendi selaku Wali Kota Semarang, di antaranya Kabupaten Batang, Kabupaten Klaten, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Magelang.

Hari Pertama Kerja, Hendi Temui Menko Luhut Bahas RUU Pengadaan

Secara khusus, Hendi menyebutkan bahwa kerja sama antara Kota Semarang dengan Kota Solo sangat lah penting. Hal itu mengingat bahwa Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo adalah seorang senior yang dapat mengajarkan banyak hal kepada Hendi.

"Terkhusus, saya sampaikan terima kasih kepada senior saya mas Rudy karena menerima saya dengan baik, dan alhamdulillah bisa ada MOU dengan Pemerintah Kota Semarang dan Pemerintah Kota Solo," kata Hendi.

Jalankan Perintah Jokowi, Hendi Buka Layanan Terpadu P3DN di Semarang

"Hari ini, eranya kolaborasi bukan kompetisi dan setiap wilayah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga hari ini saya ‘sowan’ (menghadap) mas Rudy di Solo untuk bisa banyak belajar," tuturnya.

Berkolaborasi untuk memajukan dua wilayah besar di Jawa Tengah, Kota Semarang dan Kota Surakarta, Hendi dan Rudy menandatangani nota kesepakatan kerja sama antar dua pemerintah kota pada Senin, 21 Januari 2019.

Secara detail, Wali Kota Semarang yang juga politisi PDI Perjuangan tersebut mengharapkan kerja sama antara Pemerintah Kota Semarang dengan Pemerintah Kota Surakarta fokus pada dua hal.

Pertama, terkait pariwisata, Hendi menekankan bahwa adanya jalan tol Semarang-Solo yang dibangun oleh presiden Jokowi memudahkan wisatawan untuk mengakses Semarang dan Surakarta dalam satu hari. Sehingga harapannya baik Semarang dan Surakarta dapat sejalan dalam melakukan promosi pariwisata.

Kedua, terkait realisasi pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa). Hendi mengatakan bahwa Surakarta yang lebih dulu melakukan tanda tangan pembelian listrik yang diproduksi dari PLTSa Solo.

"Jadi Semarang dan Solo ini bagian dari 7 kota prioritas dalam pembangunan PLTSa dan Semarang ketinggalan satu step, jadi saya harus belajar banyak dari mas Rudy," akunya.

Di sisi lain, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan bahwa dirinya tidak pernah mengungkit masalah senior dan junior dalam hubungannya dengan Hendi.

"Mas Hendi selalu ke mana mengatakan saya seniornya, tapi saya tidak pernah menyampaikan senior junior, yang penting bisa bermanfaat, senior dan junior tidak usah dipikir," tegas Rudy.

"Sudah lah, ego sektoral dibuang jauh-jauh, saya tuh sampai begini, karena yang lain diajak koordinasi saja susah, apalagi kerja sama, biar masyarakat yang menilai akhirnya," ujar Wali Kota Surakarta tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya