Kapolri Ganti Komandan Korps Brimob dan 3 Kapolda

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengganti sejumlah perwira tinggi (pati). Jabatan utama kini diisi orang-orang baru yang punya prestasi dan sepak terjang tinggi dalam kariernya.

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, AKP Heru: Diduga Ada Bahan Mercon Sebanyak 1 Kg

Mutasi pati Polri ini tertuang dalam surat telegram bernomor ST/188/I/KEP.2019 tertanggal 22 Januari 2019. Surat telegram tersebut ditandatangani Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Eko Indra Heri.

Selain posisi Kabreskrim dan Kapolda Metro Jaya yang diisi wajah baru, ada jabatan penting lainnya yang ikut ditempati pejabat baru, di antaranya:

Ending Bentrok TNI AL dan Brimob di Sorong, Israel Rugi Rp 16,3 T Tahan Serangan Iran

Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Polisi Arief Sulistyanto dimutasi sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdiklat) Polri. 

Untuk posisi jabatan Kabareskrim Polri akan diisi oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Idham Aziz. Sedangkan, jabatan Kapolda Metro Jaya diisi oleh Irjen Pol Gatot Eddy Pramono yang sebelumnya menjabat sebagai Asrena Kapolri. 

Dave Laksono: Bentrok TNI AL vs Brimob Polda Papua Barat Harus Diselidiki Sampai Tuntas

Kemudian, Kepala Badan Intelijen Keamanan Polri, Komjen Pol Lutfi Lubihanto dimutasi sebagai Pati Baintelkam Polri dalam rangka pensiun. Maka, jabatan Kabaintelkam Polri diisi Irjen Pol Unggung Cahyono yang sebelumnya menjabat sebagai Kalemdiklat Polri. 

Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Umar Septo dimutasi sebagai Wairwasum Polri, dan jabatan Kapolda Sulsel diisi Irjen Pol Hamidin yang sebelumnya menjabat di Pati Densus 88 (penugasan di Badan Nasional Penaggulan Teroris).

Komandan Korps Brimob Polri, Irjen Pol Rudi Sufahriady dimutasi sebagai Asops Kapolri, dan untuk jabatan Dankorbrimob Polri diisi Irjen Pol Ilham Salamudin. 

Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Coki Manurung dimutasi sebagai Widyaiswara Sespim Lemdiklat Polri, jabatan Kapolda Bengkulu diisi oleh Brigjen Supratman yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Jabar. 

Untuk posisi Wakapolda Jabar diisi oleh Brigjen Pol Ahmad Wiyagus yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Maluku. 

Kapolda Maluku Utara, Brigjen Pol Naufal Yahya dimutasi sebagai Waketbidkermadianmas STIK Lemdiklat Polri. Untuk jabatan Kapolda Malut diisi oleh  Brigjen Pol Suroto yang sebelumnya menjabat sebagai Karopsi SSDM Polri. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya