Turut Dorong Pembangunan Kota Semarang, Tia Hendi Luncurkan SIM PKK

Launching SIM PKK
Sumber :

Berpartisipasi aktif membangun Kota Semarang, Ketua TP PKK Kota Semarang Tia Hendi resmi meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK, Senin, 21 Januari 2019.

Upayakan Kesejahteraan Petani, Pemkot Semarang Launching Badan Usaha Milik Petani

Bertempat di Ruang Lokakrida Lantai 8, Gedung Moch. Ihsan, Tia didampingi Wakil Wali Kota Hevearita G. Rahayu saat merilis aplikasi SIM PKK di hadapan ratusan kader PKK Kota Semarang.

Launching ini dilakukan bersamaan dengan Rapat Konsultasi (Rakon) PKK Kota Semarang. Dalam Rakon, dilaporkan pula kegiatan dan evaluasi program PKK Kota Semarang tahun 2018.

Hari Pertama Kerja, Hendi Temui Menko Luhut Bahas RUU Pengadaan

Dengan peluncuran SIM PKK ini, diharapkan akan terhimpun berbagai data secara sistematis dari seluruh kelompok dasa wisma se-Kota Semarang.

SIM PKK diharapkan mampu memberikan data dan informasi terkait pelaksanaan 10 program PKK secara cepat, akurat, dan menyeluruh mulai dari tingkat dawis.

Jalankan Perintah Jokowi, Hendi Buka Layanan Terpadu P3DN di Semarang

Data ini akan terintegrasi melalui sistem untuk dapat dimanfaatkan mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kota hingga pusat.

”Saya berharap seluruh kader PKK, baik di kecamatan dan kelurahan, sebagai garda terdepan PKK Kota Semarang dapat semakin optimal di tahun 2019 dan melanjutkan sinergitas yang telah terjalin baik dengan jajaran OPD Kota Semarang,” ungkap Tia Hendi.

Data yang terhimpun selanjutnya dapat dijadikan dasar pengambilan kebijakan dan program oleh berbagai OPD Pemerintah Kota Semarang.

Dengan demikian, program dan kebijakan yang diambil akan semakin tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat.

Sejumlah data yang terekam aplikasi SIM PKK termasuk di antaranya adalah data rumah sehat dan tidak sehat; data kelahiran, kematian, ibu hamil, nifas; data pendidikan; serta data jaminan kesehatan.  

Bersamaan dengan launching program SIM PKK ini, dilaksanakan pula sosialisasi dan pelatihan langsung yang diikuti oleh ketua beserta kader PKK Kecamatan se-Kota Semarang.

Sebagai pengguna aplikasi, diharapkan para kader dapat secara lengkap melakukan pengisian, pendataan, dan pelaporan melalui sisfo.pkk.semarangkota.go.id 

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Wali Kota, menyampaikan bahwa PKK dan Pemerintah Kota Semarang merupakan dua sejoli yang saling mengisi.

Kerja sama yang sinergis ini, menurut Hendi, telah ikut menghantarkan Kota Semarang mampu menyelesaikan lebih dari 2.000 kegiatan dan meraih 47 penghargaan tingkat provinsi dan nasional.

Ke depan, diharapkan PKK semakin eksis dan maksimal mengawal berbagai program Pemerintah Kota Semarang, khususnya masalah pemberdayaan perempuan, keluarga, kesetaraan gender, dan lainnya.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya