Integrasi Transportasi, JK Tuntut Pemda Perbaiki Tata Ruang

Wakil Presiden Jusuf Kalla.
Sumber :
  • VIVA/ Reza Fajri.

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla menuntut para pemerintah daerah yang terlibat dalam rencana integrasi transportasi Jabodetabek, untuk segera memperbaiki kondisi tata ruang di wilayahnya masing-masing.

Bus Hino RM 280 ABS Jadi Andalan di Kalimantan Tengah

Hal itu perlu dilakukan agar pengintegrasian transportasi yang dipimpin pemerintah pusat bisa berlangsung lancar. "Bukan hanya (pembangunan) transportasinya yang harus disegerakan, tetapi rencana tata ruang kotanya juga," ujar JK usai memimpin rapat integrasi transportasi di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin, 28 Januari 2019.

JK mencontohkan, pemda harus mengatur kawasan permukiman, kawasan-kawasan baru yang dibangun, memiliki jalur yang terhubung ke sistem transportasi umum. Selain itu, pemda mesti menyiapkan jalur transportasi yang menghubungkan antar-wilayah. "Hubungan satu daerah dengan kota-kota lain harus dibuat terkonsep dan terintegrasi masing-masing," ujar JK.

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

Menurut JK, tata ruang yang rapi akan membuat integrasi transportasi lebih mudah dilakukan. Masyarakat Jabodetabek bisa dengan mudah bepergian menggunakan moda transportasi yang diintegrasikan pemerintah pusat.

"Begitu banyak moda angkutan, ada kereta api, ada komuter, ada LRT, ada MRT, bus, busway, bisa tersinkron dalam satu operasional," ujar JK. (jhd)
 

Wali Kota Berharap Proyek MRT 'Beneran' Sampai Tangsel: Itu Kita yang Usul
Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono

Heru Budi Kunker ke Jepang, Harap Proyek MRT East-West Groundbreaking Agustus

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi bersama Menhub Budi Karya Sumadi bertemu dengan sejumlah petinggi Pemerintah Jepang untuk membahas kerja sama di bidang Transportasi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024