Terungkap, Irwandi Yusuf dan Istri Muda Umrah Pakai Uang Suap

Terdakwa kasus suap Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) 2018 dan kasus penerimaan gratifikasi pelaksanaan proyek pembangunan Dermaga Sabang, Irwandi Yusuf, menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Fenny Steffy Burase, model sekaligus istri muda Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf mengaku pernah melakukan umrah bersama Irwandi, saat merencanakan pernikahan. 

Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja Sama Saja Bisa Ganggu"

Hal itu diakui Steffy, saat bersaksi untuk terdakwa Irwandi Yusuf di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin 4 Januari 2019. 

Mulanya Steffy dikonfirmasi Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengenai transferan uang dari Teuku Saiful Bahri, kontraktor sekaligus orang kepercayaan Irwandi, senilai Rp150 juta. 

BPK Janji Usut Oknum Auditor yang Palak Kementan Rp 12 Miliar Agar Dapat WTP

"Untuk yang Rp150 juta itu, itu menyangkut ke masalah pribadi, memang, tidak apa-apa," kata Steffy di hadapan majelis hakim. 

Kemudian, Steffy menjelaskan lebih rinci soal kedekatan dirinya dengan Irwandi Yusuf menuju pernikahan. Tetapi, karena masih merasa ragu, akhirnya dia mengamini ajakan Irwandi untuk umrah berdua, sebagaimana hal itu disampaikan melalui Saiful. Steffy sendiri mengaku dekat dan sering bercerita masalah pribadi dengan Saiful.

Temuan Awal KPK: TPPU Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba Capai Rp 100 Miliar

"Saya emang dekat dengan Pak Gubernur, masuk ke masalah rencana pernikahan, saya sering cerita dengan Pak Saiful, antara saya ragu akan menikah atau tidak menikah. Saat itu Pak Saiful memberikan pilihan kepada saya, lebih baik doa, umrah, dan saat itu saya bilang, saya sudah kehabisan dana, dana cek maraton saja tidak ada yang cair, dari dana-dana talangan yang sudah keluar," kata Steffy.

"Dan waktu itu beliau (Teuku Saiful) bilang waktu mau berangkat, beliau akan meminjamkan (uang). Tidak ada lagi pembahasan apa-apa (setelahnya), jadi ketika suatu hari akan berangkat (umrah) dan saya mengatakan, 'kata abang' sebagai kode bahwa saya akhirnya umrah bersama beliau (Irwandi)," tambah Steffy.

Menurut Steffy, uang Rp150 juta tersebut dipakai untuk membayar hotel-hotel dan keperluan lain selama di Kota Suci. Steffy pun mengakui pengiriman itu dilakukan ke beberapa rekening miliknya.  

"Ya, minta dipecah-pecahkan ke rekening saya. Karena, waktu itu saya butuh uang banyak untuk bayar hotel dan segala macem, dan satu ATM tidak bisa menarik banyak," kata Steffy.

Kendati begitu, Steffy berdalih bahwa transferan uang itu juga sudah diberitahukan kepada Irwandi Yusuf sebagai pinjaman. Namun, faktanya Irwandi justru baru tahu itu saat diperiksa penyidik KPK.

"Pada saat saya kirim foto ke Fadli, saya merasa saya sudah sampaikan, (mungkin) karena Pak Irwandi ada masalah pendengaran. Tapi waktu di KPK, beliau tanya kenapa ada dana (dari Saiful untuk umrah)," tambah Steffy.

Dalam dakwaan, Irwandi disebut menerima suap melalui orang kepercayaannya Saiful Bahri dari Bupati Bener Meriah, Ahmadi, terkait pengaturan DOKA Aceh tahun 2018.

Jaksa menyebut, sebagian uang itu, sejumlah Rp150 juta dan Rp330 juta diberikan kepada Steffy, yang merupakan istri siri Irwandi Yusuf. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya