Logo timesindonesia

Ini Cara Pemkot Madiun Kelola Sampah

Sekda Rusdiyanto bersama jajaran TNI/Polri mengunjungi ruang mandi sauna di TPA Winongo dalam rangka peringatan HPSN.(Foto: Diskominfo Kota Madiun for TIMES Indonesia)
Sekda Rusdiyanto bersama jajaran TNI/Polri mengunjungi ruang mandi sauna di TPA Winongo dalam rangka peringatan HPSN.(Foto: Diskominfo Kota Madiun for TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Pengelolaan sampah sudah menjadi salah satu perhatian utama Pemkot Madiun. Salah satunya, pengelolaan TPA (tempat pembuangan akhir) dengan sistem controlled landfill. Sistem pengelolaan sampah tersebut mendapat poin plus bagi Kota Karismatik Madiun dalam penilaian Adipura. 

Namun, upaya pemkot mengelola sampah belum sepenuhnya didukung dengan kesadaran memilah sampah oleh masyarakat. Selama ini sampah dibuang dalam kondisi tercampur antara organik dan anorganik. Pemilahan dilakukan oleh dinas lingkungan hidup dan satgas sampah. 

''Kalau sampah dari masyarakat sudah dipilah akan lebih cepat prosesnya. Karena itu perlu ditanamkan ke masyarakat untuk memilah-milah sampah,'' ujar Rusdiyanto, Sekda Kota Madiun saat upacara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) bersama TNI/Polri di TPA Winongo, Kamis (21/2/2019).

Sementara itu, jajaran TNI/Polri dalam peringatan HPSN ini memberikan contoh membuang sampah dengan benar kepada masyarakat. Mulai dari membuang pada bak sampah, dibawa ke kontainer hingga ke TPA. 

"Pemkot sudah membangun tempat pengelolaan sampah yang baik. Tinggal kesadaran masing-masing untuk membuang sampah di tempat yang telah disediakan,'' tegas AKBP Nasrun Pasaribu Kapolres Madiun Kota.

Pemkot Madiun bersama TNI/Polri mendukung upaya pemerintah mengurangi sampah sebanyak 30 persen hingga 2025. Yakni dengan mengajak warga Kota Karismatik Madiun untuk peduli dan menjaga lingkungan bersih dan sehat. Termasuk kebiasaan membuang sampah pada tempatnya dan memilah sesuai jenisnya. (*)