Jumlah Anggota Polri Gugur Saat Amankan Pemilu 2019 Meningkat

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo (tengah) bersama Direktur Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Bareskrim Polri Brigjen Pol Rachmad Wibowo (kiri), Kasubdit I Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Pol
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA –  Jumlah anggota Polri yang gugur dalam mengamankan Pemilihan Umum 2019 lebih banyak ketimbang Pemilihan Presiden 2014 silam. 

Polri Jamin Keamanan dan Kelancaran Lalu Lintas di Tempat Wisata saat Libur Panjang

Sampai hari ini, tercatat ada 15 anggota Korps Bhayangkara yang meninggal dunia saat membantu pesta demokrasi 2019. "Kami berharap tidak ada jatuh korban lagi," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo, di kantor Divisi Humas Polri, Selasa, 23 April 2019.

Menurut Dedi, semua anggota polisi yang gugur itu sudah diberikan penghargaan setingkat lebih tinggi dan apa yang menjadi hak-hak almarhum semuanya sudah dipenuhi. Jumlah yang meningal lebih banyak diduga lantaran pelaksanaan Pemilu 2019 cukup panjang ketimbang tahun 2014.

Terpopuler: Oknum Polisi Aniaya Siswa, Mahasiswa Demo Rektor hingga Suami Mutilasi Istri

"Pengamanan yang mulai dari pendistribusian logistik pemilu kemudian di TPS dan pencoblosan dan penghitungan suara itu juga panjang sampai dilakukan 10 jam lebih. Dan waktu tempuh juga," katanya. 

Dia menambahkan, sebagian besar mereka yang gugur berada di luar Jawa. Polri akan melakukan evaluasi agar pada pelaksanaan pemilu selanjutnya.

Korlantas Polri Setop Sementara Kirim Surat Tilang via WhatsApp, Ini Alasannya

"Tentunya dari SDM bisa melakukan analisa dan evaluasi secara komprehensif dari sisi kesehatan dan waktu serta sisi lainnya. Itu harus dievaluasi secara mendalam sehingga ke depan akan ada perbaikan-perbaikan tentunya," ujarnya. (jhd)

Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran.

Tinjau Sejumlah Wilayah, Komjen Fadil Imran Pastikan Kesiapan Polri Amankan KTT WWF 2024 di Bali

Polri telah menyiapkan rencana pengamanan dengan sangat matang.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024