Polisi Akan Negosiasi Bubarkan Massa Aksi di Depan Bawaslu

Massa pendukung Prabowo Subianto di depan Jalan Thamrin Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eduward Ambarita

VIVA – Polri akan negosiasi dengan koordinator aksi unjuk rasa di Bawaslu, Jakarta, untuk membubarkan diri, Selasa, 21 Mei 2019. Dari kesepakatan, massa unjuk rasa akan membubarkan diri usai salat magrib.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

"Ya jadi berdasarkan kesepakatan antara koordinator mereka minta sampai dengan berbuka puasa kemudian salat magrib, sehabis salat magrib dari koordinator akan bubar. Kembali ke tempat masing-masing," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 21 Mei 2019.

Terpantau, kata Dedi, massa saat ini masih berskala kecil. Ia menambahkan, dalam proses pengamanan, aparat mengutamakan persuasif dan negosiasi. Massa pun diminta untuk bubar dan tak menginap di Bawaslu atau KPU.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Negosiasi kita lakukan, tapi kalau masih belum clear ada batas waktu toleransinya. Jadi tidak boleh bermalam menginap jadi harus bubar malam ini," ujarnya.

Untuk penutupan jalan, mantan Wakapolda Kalimantan Tengah ini menyebutkan, akan dibuka jika massa sudah membubarkan diri. Untuk aksi pada esok hari, kemungkinan akan ada penutupan jalan jika eskalasi massa meningkat. "Jadi memang rekayasa jalan sudah dipersiapkan semaksimal mungkin," ujarnya. 

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Dedi mengemukakan, skenario seluruh satuan wilayah dalam hal ini Polda Metro Jaya dipersiapkan kalau ada penumpukan massa. "Skenario rekayasa arus lalu lintas akan dipersiapkan. Ada kemungkinan (ditutup kembali besok) karena besok akan terjadi penumpukan massa," ujarnya.

Lihat situasi di depan Bawaslu saat aksi demonstrasi pada video di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya