Hendi Apresiasi Komitmen OPD Kota Semarang Selama Libur Lebaran

Halal Bihalal di Halaman Balaikota Semarang.
Sumber :

Senin (10/6) menjadi hari pertama untuk seluruh ASN kembali bekerja usai libur lebaran. Tidak terkecuali dengan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Semarang yang memulai aktivitas kerjanya dengan melakukan apel pagi yang dilanjutkan dengan Halal Bihalal.

Upayakan Kesejahteraan Petani, Pemkot Semarang Launching Badan Usaha Milik Petani

Bertempat di Halaman Balaikota Semarang, kegiatan tersebut diikuti oleh ASN Pemerintah Kota dari seluruh daerah di Kota Semarang. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi secara langsung memimpin apel pagi di hari pertama masuk kerja tersebut.

Dalam pengarahannya, Wali Kota Semarang yang juga akrab disapa Hendi tersebut mengapresiasi kinerja jajarannya yang meskipun libur lebaran, tetapi demi menjaga komitmen Pemerintah Kota Semarang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, tetap masuk bekerja.

Hari Pertama Kerja, Hendi Temui Menko Luhut Bahas RUU Pengadaan

Tercatat hampir seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemerintah Kota Semarang tetap bekerja selama libur lebaran. Di antaranya seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Kesehatan, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Bahkan, timeline media sosial di Kota Semarang pun sempat diramaikan dengan tagar #KamiTidakLibur untuk menginfokan kepada masyarakat bahwa pelayanan tetap berjalan. “Terima kasih, ini merupakan tantangan yang luar biasa, melihat teman-temannya libur tapi panjenengan tidak libur, tetap melayani masyarakat dengan baik,” ujar Hendi.

Jalankan Perintah Jokowi, Hendi Buka Layanan Terpadu P3DN di Semarang

Lebih lanjut, Hendi juga mengapresiasi kerja beberapa OPD yang dalam libur lebaran tetap menindaklanjuti laporan keluhan masyarakat dengan baik. Salah satunya terlihat dengan diamankannya juru parkir di Kawasan Sam Poo Kong. Tindakan tersebut merupakan tindak lanjut dari laporan tentang parkir liar yang kerap memasang tarif jauh di atas tarif sesuai Peraturan Daerah. 

Selain itu, tindak lanjut pelaporan masyarakat juga terlihat pada upaya penjangkauan pengemis, gelandangan, orang terlantar, dan pengamen liar di jalan-jalan protokol. Hal tersebut dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang melalui Satpol PP dan Dinas Sosial.

Terkait hal tersebut, Hendi pun meminta jajarannya untuk terus menjaga komitmen dalam melayani masyarakat. “Bekerja hari ini harus telaten, kerja keras, dan kerja cerdas,” pesan Wali Kota.

Di sisi lain, Hendi juga menekankan kepada setiap OPD di Pemerintah Kota Semarang untuk menjadikan keluhan masyarakat sebagai bagian evaluasi besar. "Kita melayani 1,7 juta penduduk Kota Semarang. Tidak bisa kita menyentuh satu persatu. Jadi, apabila ada yang merasa tidak puas, ini merupakan dinamika dalam kehidupan melayani masyarakat, tidak untuk diambil hati, tapi perlu dijadikan evaluasi," pungkasnya. 

"Teruskan kerja keras dan kerja cerdas. Apabila evaluasi sudah dilakukan, cek setiap harinya, pastikan masyarakat melihat konsistensi dari komitmen Pemerintah Kota untuk bisa melayani masyarakat dengan baik," pinta Hendi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya