Raih Adhi Makayasa, Perwira Terbaik Akpol Ini Terinspirasi Sang Ayah

Peraih Adhi Makayasa dari Akademi Kepolisian 2019, M Idris.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat

VIVA – Peraih Adhi Makayasa dari Akademi Kepolisian atau Akpol tahun 2019, M Idris terinspirasi dari
cita-cita sang ayah, Dasrial yang mendorong dia masuk ke dunia kepolisian.

Sosok Jenderal Bintang 3 Eks Danjen Kopassus, Pernah Selamatkan Sandera dari OPM

Idris menempuh pendidikan berlatar belakang sekolah agama sejak sekolah dasar hingga tingkat atas, yakni madrasah ibtidaiyah hingga aliyah. Lulus aliyah atau setingkat SMA, dia langsung mendaftar Akpol.

Bukan hal mudah baginya. Pendidikan yang berbeda sejak sekolah dasar itu, sempat menyurutkan niatnya. Namun dorongan dari kakaknya membulatkan tekad dia masuk Akpol.

5 Jenderal Bintang 4 Peraih Adhi Makayasa, Kini Jadi Tokoh Nasional

Sebagai seorang anak yang berbakti kepada orangtua, ia ingin masuk Akpol karena dorongan dari keluarga juga ingin membahagiakan sang ayah.

"Menjadi inspirasi saya adalah ketika ayah melihat orang berseragam membuat beliau senang," kata Idris, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 16 Juli 2019.

Sosok Jenderal Bintang 3 Peraih Adhi Makayasa Akmil 1991, Eks Pentolan Grup B Paspampres

Bagi dia, ayah telah menjadi inspirasi yang kuat. Nilai-nilai agama yang ditanamkan sang ayah, membuat dia yakin bisa masuk Akpol dan menjalani semuanya.

Dia ingin seperti ayahnya. Meski sang ayah bukan pejabat atau pegawai tinggi, sosok ayah telah memberi dia banyak inspirasi akan kecintaan terhadap pekerjaan dan keteguhan memegang nilai-nilai agama."Kalau ayah, beliau adalah orang yang sukses bagi saya. Seorang petani dan guru ngaji. Orang yang sayang dengan pekerjaannya adalah orang-orang yang sukses menurut saya," katanya.

Idris berasal dari daerah Jorong Mudiak Lawe, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan,
Sumatera Barat. Rasa senang ayahnya jika melihat orang berseragam, kini telah ia tunaikan. 

Bahkan tidak hanya berseragam polisi agar ayahnya senang, ia berhasil meraih Adhi Makayasa  lantaran berprestasi selama 4 tahun menjalani pendidikan.

Keinginan Idris untuk sang ayah, di antaranya adalah ayah bisa mengunjungi Istana dan bersalaman dengan Presiden RI. Kini, cita-cita itu sudah terwujud.

"Salah satu cita-cita dari Idris adalah bagaimana caranya ayah bisa pergi ke Istana dan bersalaman dengan Presiden RI," katanya.

Idris berharap, sang ayah tetap menjadi ayahyang selalu mendoakan anak-anaknya. Sambil berkaca-kaca, Idris berjanji untuk memberangkatkan ayahnya itu ke Tanah Suci.

"Insya Allah dalam waktu dekat apabila Idris sudah ada rezeki atau kesempatan, insya Allahayah akan berangkat naik haji," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya