Pesan Penting Letda Inf Sawung Setyawan Kepada Calon Perwira TNI AD

Letda Inf Sawung Setyawan
Sumber :
  • YouTube TNI AD

VIVA – Letnan Dua (Letda) Infanteri (Inf) Sawung Setyawan S Tr (Han) meraih gelar Adhi Makayasa 2023 Akademi Militer. Kerja kerasnya berhasil membawa dirinya mendapatkan predikat tersebut.

Nekat Terobos Masuk Kompleks Militer Halim, Geng Motor Bersajam Ditangkap Prajurit TNI

Dalam Kartika podcast yang tayang di kanal YouTube TNI AD, Letda Inf Sawung Setyawan berharap bisa menjadi perwira yang professional selama mengabdi sebagai perwira TNI AD. 

Selain itu, ia juga memberikan pesan penting kepada calon perwira yang akan mengikuti jejaknya. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Malam Menegangkan di Laut Perbatasan Malaysia, Kopaska TNI Temukan Kristal Seharga 1,5 Miliar

Harapan jadi Perwira TNI AD

Letda Inf Sawung Setyawan

Photo :
  • YouTube TNI AD
Kelelahan, 30 Tentara Israel Ogah Serang Wilayah Rafah

Letda Inf Sawung Setyawan berharap jika dirinya dan rekan-rekannya bisa melaksanakan pekerjaan secara professional dan memberikan pengabdian terbaik di TNI AD.

“Apapun kecabangan kami, kami berdoa semoga selama pelaksanaan kedinasan kami sebagai perwira TNI AD kami bisa melaksanakan, bisa menjadi perwira professional, perwira yang mungkin berpengetahuan luas, serta memiliki karakter yang luas. Sehingga kami bisa memberikan pengabdian terbaik kami kepada TNI Angkatan Darat,” kata Letda Inf Sawung Setyawan, dikutip dari tayangan YouTube TNI AD, Selasa, 1 Agustus 2023.

Ditanya soal strategi ketika menghadapi tantangan, kata pria asal Madiun itu, pendidikan di Akademik Militer (Akmil) selama empat tahun menjadi bekalnya untuk menghadapi tantangan nantinya.

“Mungkin untuk strategi yang akan kami hadapi, ini merupakan hasil pendidikan kami selama empat tahun di Akademi Militer ini bahwa kami di didik secara keras, di didik secara hebat oleh pelatih kami, oleh senior kami, bahwa kami harus punya karakter yang baik, kami harus punya integritas yang baik,” ujarnya.

“Dan hal-hal itulah yang nanti jadi bekal kami ke depannya. Dan kami yakin, percaya, bekal itu bisa menghadapi tantangan-tantangan ke depan selama kami menjadi perwira TNI Angkatan Darat,” imbuhnya.

Pesan untuk calon perwira TNI AD selanjutnya

Letda Inf Sawung Setyawan

Photo :
  • YouTube TNI AD

Selain itu, dalam podcastnya ia juga memberikan pesan penting bagi adik-adik calon perwira yang ingin mengikuti jejak langkahnya. Kata dia, berusaha lebih keras akan bisa menggapai cita-cita. 

“Pesan kami kepada adik-adik kami yang mungkin ingin mengikuti jejak kami sebagai Taruna Akademi Militer, ataupun kedinasan lainnya. Dan nantinya dilantik sebagai perwira Tentara Nasional Indonesia, yang pertama tetap semangat dalam meraih cita-citanya seperti saya. Jika kita perlu jatuh 100 kali, berarti kita harus bangun 1001 kali agar cita-cita kita bisa dapat tercapai,” jelasnya.

Selain usaha, doa juga sangat berperan penting dalam menggapai cita-cita. Karena ia percaya bahwa dengan usaha yang keras disertai doa akan memudahkan dalam meraih impian. Apalagi doa orang tua yakni Ibu, itu sangat manjur katanya.

“Yang paling penting di atas usaha kita harus ada yang namanya doa. Doa itu yang selalu diingatkan oleh kedua orang tua saya. Doa, sholat, beribadah, dan sebagainya. Karena saya yakin dan percaya, apabila kita usahapun sudah keras, doa pun sudah baik juga, apapun yang di cita-citakan pasti akan terkabulkan,” tandasnya.

“Yang paling penting pesan kami kepada adik-adik kami adalah tetap minta doa restu kepada ibu kita setiap apapun yang ingin kita raih, setiap apapun yang ingin kita capai, saya yakin dan percaya itu akan dilindungi oleh Allah SAW melalui doa dari ibu. Menurut saya, doa ibu ini yang paling penting segalanya untuk kita meraih ataupun melaksanakan, menjalankan sebuah kegiatan ataupun meraih cita-cita,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya