PDIP Tak Mau RUU Perkoperasian seperti Siput, Ini Alasannya

Ilustrasi PDIP
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

VIVA – Pembahasan Rancangan Undang Undang (RUU) Perkoperasian di Panitia Kerja atau Panja di DPR masih alot. Fraksi PDIP belum bisa menyetujui draf RUU tersebut karena ada beberapa alasan.

Kementan Dorong Pembentukan Koperasi Guna Bantu Petani Banyuasin Kembangkan Usaha

Anggota Fraksi PDIP Darmadi Durianto mengatakan, salah satu alasan terkait kewenangan kebijakan teknis operasional bagi penyelenggaraan usaha simpan pinjam dan sektor riil yang dikelola koperasi.

"Ini sangat penting bagi kami PDI Perjuangan. Kami ingin koperasi ini kuat, jalannya tidak seperti siput, seperti yang pernah diucapkan Ibu Megawati," kata Darmadi dalam keterangannya, Jumat, 26 Juli 2019.

Dorong Ekspor UMKM, Bea Cukai Jalin Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah

Darmadi menekankan, pemerintah melalui pejabat menteri yang nanti menaungi persoalan koperasi harus menyelenggarakan kebijakan teknis operasional. Kebijakan teknis menyangkut seperti anggota koperasi dari pelaku usaha sektor riil yang mesti diperkuat dalam regulasi.

"Pemberdayaan koperasi yang anggotanya para pelaku usaha sektor riil berskala mikro, kecil dan menengah. Sektor riil tersebut akan diatur melalui Peraturan Pemerintah (PP)," ujarnya.

Presiden KSPSI Harap Kemandirian Organisasi Buruh Terbangun Lewat Koperasi

Kemudian, dalam kebijakan teknis ini juga disinggung perlunya pembentukan Lembaga Penjamin Simpanan Koperasi Simpan Pinjam (LPS-KSP). Pembentukan ini juga mesti diperkuat dalam PP.

Lalu, terkait posisi Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia sebaiknya paling lama dua periode untuk lima tahun. Jika lebih dua periode dinilai tak lazim dan kurang sesuai dengan etika demokrasi.

“Dalam rangka mendukung kegiatan Dewan Koperasi Indonesia, pemerintah pusat dan pemerintah daerah tak harus bersumber dari APBN," katanya.

Darmadi yang mewakili PDIP mengingatkan, jika ingin mendukung koperasi maju perlu kewenangan kebijakan teknis. Ia menekankan keinginan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat menjabat Presiden ke-5 RI agar koperasi jangan berjalan seperti siput.

“Ibu Megawati saat menjabat sebagai presiden pernah mengatakan koperasi berjalan seperti siput. Saya rasa kita harus selalu ingat apa yang dikatakan oleh Ibu Mega,” tutur Darmadi yang juga anggota Komisi VI DPR itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya